Karakteristik Peternakan Kambing Di Kawasan Perbukitan Menoreh: Studi Kasus Di Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo

Penulis

  • Teguh Ari Prabowo Universitas Gadjah Mada
  • Arief Setyo Widodo Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.36423/baar.v3i1.681

Abstrak

Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kecamatan yang terletak di pegunungan Menoreh. Kawasan ini merupakan salah satu penunjang kawasan super priotas pembangunan Candi Borobudur. Kawasan ini memiliki potensi Sumber Daya Alam melimpah salah satunya ialah potensi peternakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik potensi peternakan di wilayah pegunungan Menoreh guna untuk mengetahui data awal gambaran peternakan yang ada di kawasan tersebut sehingga manfaatnya kedepan dapat menjadi salah satu informasi untuk mengembangkan peternakan di kawasan tersebut. Metode penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan cara melakukan pengamatan langsung di lapangan dan mewawancarai 29 peternak kambing di kawasan pegunungan Menoreh. Hasil penilitian menunjukkan bahwa sistem pemeliharaan ternak kambing di kawasan tersebut dilakukan secara konvensional, belum ada banyak teknologi peternakan yang digunakan dalam proses beternak. Sumber pakan berupa hijauan yang mengandalkan tanaman sekitar lading dan hutan. Tingkat pendidikan peternak sebagian besar tamatan SD dengan jumlah kepemilikan ternak per KK sebanyak 2-6 ekor. Dalam proses pemeliharaannya, penyakit yang sering timbul ialah cacingan, diare dan bloat

Referensi

Lestraningsih, M dan Basuki, E. 2008. Peran Serta Wanita Peternak Sapi Perah Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Keluarga. Jurnal Ekuitas Vol.12 No.1, Maret 2008. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Misriani, Vivi., 2011. Hubungan karakteristik peternak dengan pendapatan pada pembibitan sapi potong rakyat di kecamtan bayang, kabupaten pesisir selayar. “Skripsi†Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Playford, M. 2011. Guidelines for Veterinary Personal Biosecurity (1st ed.). Veterinary Australian Association. Camden NSW: Dawbuts Pty Ltd.

Prabowo, A. 2010. Petunjuk Teknis Budidaya Ternak Kambing (Materi Pelatihan Agribisnis bagi Kmph). BPTP, Sumatera Selatan.

Rianto, E 2009. Panduan Lengkan ternak kambing Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta.

Soekartawi. 1993. Analisis Usaha Tani. Penerbit Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Widyastuti, R., Winangun, K., Wira, D.W., Ghozali, M., dan Syamsunarno, M.R.A.A. 2017. Tingkat pengetahuan dan pespon peternak kambing perah terhadap penyakit hewan (Studi Kasus: Kelompok Tani Simpay Tampomas Cimalaka Sumedang).Dharmakarya. 6 (2) 89-92.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-28