GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE

Authors

  • Amirullah Amirullah Prodi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa
  • Muhammad Zulkarnain Prodi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa
  • Yulina Astuti Prodi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa

DOI:

https://doi.org/10.36423/jumper.v2i1.645

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian iPhone di Kota Langsa. Populasi pada penelitian adalah konsumen iPhone di Kota Langsa dengan jumlah tidak diketahui secara pasti dan tehnik sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sebanyak 96 responden. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji t dan uji F serta uji koefisien deteminasi (R2). Hasil penelitian diketahui bahwa gaya hidup dan kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone di Kota Langsa. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 44,9% gaya hidup dan kelompok referensi dapat menjelaskan keputusan pembelian iPhone di Kota Langsa. Kata Kunci: Gaya Hidup, Kelompok Referensi dan Keputusan Pembelian

References

Apriyandani, Hendri. Yulianto, Edy dan Sunarti. 2017. Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 dan 2015 Universitas Brawijaya Malang yang Membeli dan menggunakan Smartphone iPhone). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 50. No. 2. Hal: 180-189

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

https://teknologi.bisnis.com, iPhone 11 jadi Gawai terpopuler di dunia diunduh 13 Mei 2020.

Kholifah, Fitria Nur dan Rulirianto. 2017. Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merek Wardah (Studi pada Mahasiswi Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol 3. No 1. Hal: 147-152.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Putra, Febri Anggara. 2015. Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhaap Keputusan Pembelian Iphone (Studi pada Konsumen iPhone di Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol. 3, No. 1.

Setiadi, Nugroho,J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Pramedia Group.

Sinulingga, Sukaria. 2013. Metode Penelitian Edisi 3. Medan: USU Press.

Sugiyono. 2010. Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapan dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

www.bloter.net. Produk iPhone, diunduh 2 Februari 2020.

www.topbrand-award.com, Top Brand Indeks Smartphone. diunduh 2 Februari 2020.

Downloads

Published

2020-08-08