Prototipe Aplikasi Web untuk Pengajuan Cuti Pegawai Berbasis Online

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v2i02.568

Abstract

Sistem informasi kepegawaian adalah sistem yang digunakan sebagai penyimpanan dan pengolahan data pegawai, untuk mendukung personel operasional. Berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini semakin baik juga membuat distribusi yang lebih cepat informasinya. Akurasi, presisi, dan kecepatan merupakan faktor penting dalam pengolahan data. Data yang diolah secara terstruktur dan jelas dirancang untuk memudahkan kinerja manusia dalam mengorganisir data dengan baik. Data diolah dengan baik dan cepat akan menambah daya saing dan meningkatkan kualitas manusia atau instansi. Universitas Perjuangan merupakan salah satu instansi yang membutuhkan pengolahan data pegawai yang berhubungan dengan teknologi informasi. Universitas Perjuangan dalam hal ini membutuhkan suatu aplikasi yang berfungsi untuk meningkatkan pelayanan administrasi kepada pegawainya diantarnya data cuti, penelitian ini dilakukan terlebih dahulu dengan cara referensi, interview, observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu perototipe sistem informasi pengajuan cuti pegawai,. Sistem informasi yang akan dikembangkan berbasis web yang dapat diakses oleh pegawai  dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pangkalan data

References

R. Shofiati dan A. Pujiastuti, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sunda Dasar Berbasis Android,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, hal. 6–7, 2016.

M. R. Fachlevi dan R. F. Syafariani, “Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Website Di Bagian Kepegawaian SDN BINAKARYA I Kabupaten GARUT,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., 2017.

R. Bherta dan S. T. Faulina, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Smp N 38 Oku,†IEEE Int. Conf. Acoust. Speech, Signal Process. 2017, 2017.

A. L. Setyabudhi, “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Absensi dan Pengambilan Surat Cuti Kerja Berbasis Web,†J. responsive, vol. 1, no. 1, hal. 11–22, 2017.

R. T. Djaelangkara, R. Sengkey, dan O. A. LAntang, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Kristen 1 Tomohon,†J. Tek. Elektro dan Komput., 2015.

P. K. Handayani, “Sistem Informasi ADMINISTRASI DATA KEPEGAWAIAN PADA BAGIAN PERSONALIA PT. XYZ,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., 2016.

A. Fatoni dan D. Dwi, “Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem,†Prosisko, 2016.

A. Supriyatna, “Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja,†J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, hal. 1–18, 2018.

Y. Yuniarsyah, E. Usada, dan A. Amalina, “Rancang Bangun Keanggotaan Perpustakaan STT Telematika Telkom Menggunakan RFID Berbasis Java 2 Standard Edition Dengan Konsep Client Server,†J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., 2013.

J. Duckett, “HTML and CSS: Design and Build Websites,†John Wiley & Sons, Inc. 2011.

Published

2021-08-02