Tinjauan Mengenai Potensi Information Technology Infrastructure Library (ITIL) pada Model Layanan Teknologi Informasi di Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Asep Id Hadiana Teknik Informatika, Unv. Jendral Achmad Yani
  • Eddie Krishna Putra Teknik Informatika, Unv. Jendral Achmad Yani
  • Melina Melina Teknik Informatika, Unv. Jendral Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v2i02.582

Abstract

Penelitian ini melakukan tinjauan pustaka mengenai masalah yang dihadapi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) ketika mencoba memastikan keselarasannya dengan pedoman Information Technology Infrastructure Library (ITIL). Telah diketahui bahwa UMKM mengalami tantangan yang berbeda dengan yang dialami oleh perusahaan besar, namun tuntutan mereka sama dengan perusahaan besar. Mengingat bahwa mereka memiliki lebih sedikit tenaga kerja dan sumber daya teknologi, mereka harus mengoptimalkan tingkat layanan mereka dan menyesuaikan aktivitas departemen TI mereka dengan kebutuhan perusahaan tanpa berdampak negatif pada komitmen layanan. Dari berbagai literature yang ada, terlihat bahwa ITIL tidak hanya dapat digunakan pada perusahaan besar, namun memiliki potensi untuk berkembang dan diadopsi untuk UMKM. Meskipun pada awalnya diharapkan ada cukup informasi berkenaan dengan bagaimana ITIL berfungsi untuk UMKM, pada kenyataannya adalah tidak banyak publikasi yang relevan yang berhubungan dengan bagaimana ITIL dapat dimanfaatkan pada UMKM. ITIL adalah salah satu kerangka Tata Kelola TI yang menyediakan pendekatan sistematis untuk tata kelola TI. Mengacu pada penelitian ini, penelitian ini didasarkan pada data sekunder. Studi ini difokuskan untuk memahami kerangka kerja ITIL dalam kaitannya dengan tata Kelola TI pada UMKM.

References

S. Ghayekhloo, M. Sedighi, R. Nassiri, G. L. Shabgahi, and H. K. Tirkolaei, “Pathology of organizations currently implementing ITIL in developing countries,†in 2009 International Conference on Computer and Electrical Engineering, ICCEE 2009, 2009, doi: 10.1109/ICCEE.2009.260.

T. Hess, A. Benlian, C. Matt, and F. Wiesböck, “Options for formulating a digital transformation strategy,†MIS Q. Exec., 2016, doi: 10.4324/9780429286797-7.

N. J. Cruz-Hinojosa and J. A. Gutiérrez-De-Mesa, “Literature review of the situation research faces in the application of ITIL in Small and Medium Enterprises,†Comput. Stand. Interfaces, vol. 48, pp. 124–138, 2016, doi: 10.1016/j.csi.2016.05.001.

Winalia, F. Renaldi, and A. I. Hadiana, “Pengukuran Tingkat Kematangan Teknologi Informasi Menggunakan Cobit 4.1 Pada Universitas Jenderal Achmad Yani,†in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2017, pp. 31–36.

S. Dutta and P. Evrard, “Information technology and organisation within European small enterprises,†Eur. Manag. J., 1999, doi: 10.1016/S0263-2373(99)00003-1.

B. McNaughton, P. Ray, and L. Lewis, “Designing an evaluation framework for IT service management,†Inf. Manag., 2010, doi: 10.1016/j.im.2010.02.003.

L. Lema, J. A. Calvo-Manzano, R. Colomo-Palacios, and M. Arcilla, “ITIL in small to medium-sized enterprises software companies: Towards an implementation sequence,†J. Softw. Evol. Process, 2015, doi: 10.1002/smr.1727.

L. Lema-Moreta and J. Calvo-Manzano, “A proposal for implementation of ITIL incident management process in SMEs,†2017 IEEE 2nd Ecuador Tech. Chapters Meet. ETCM 2017, vol. 2017-January, pp. 1–5, 2018, doi: 10.1109/ETCM.2017.8247494.

A. El Yamami, K. Mansouri, M. Qbadou, and E. H. Illousamen, “Multi-criteria decision making approach for ITIL processes performance evaluation: Application to a Moroccan SME,†in 2017 Intelligent Systems and Computer Vision, ISCV 2017, 2017, doi: 10.1109/ISACV.2017.8054937.

Y. Lisanti, D. Luhukay, and V. Mariani, “IT service and risk management implementation for online startup SME: Case study : Online startup SME in Jakarta,†in Proceedings of 2017 International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2017, 2018, doi: 10.1109/ICIMTech.2017.8273555.

A. El Yamami, K. Mansouri, M. Qbadou, and E. H. Illousamen, “Toward a new multi-agents architecture for the adoption of ITIL framework by small and medium-sized enterprises,†in Colloquium in Information Science and Technology, CIST, 2016, doi: 10.1109/CIST.2016.7805091.

H. Gunawan, B. L. Sinaga, and W. P. Sigit Purnomo, “Assessment of the readiness of micro, small and medium enterprises in using E-money using the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) method,†in Procedia Computer Science, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.129.

C. Pollard and A. Cater-Steel, “Justifications, strategies, and critical success factors in successful ITIL implementations in U.S. and Australian companies: An exploratory study,†Inf. Syst. Manag., 2009, doi: 10.1080/10580530902797540.

M. C. Valiente, E. García-Barriocanal, and M. Ã. Sicilia, “Applying ontology-based models for supporting integrated software development and IT service management processes,†IEEE Trans. Syst. Man Cybern. Part C Appl. Rev., 2012, doi: 10.1109/TSMCC.2011.2132717.

M. Marrone, F. Gacenga, A. Cater-Steel, and L. Kolbe, “IT service management: A cross-national study of ITIL adoption,†Commun. Assoc. Inf. Syst., 2014, doi: 10.17705/1cais.03449.

Published

2021-08-02