WOMEN ENTREPRENEUR DI LOKASI PENINGKATAN PERAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2WKSS) DUSUN SAMPIH DESA REJASARI KECAMATAN LANGENSARI KOTA BANJAR TAHUN 2022

Authors

  • Dara Siti Nurjanah Dara STISIP Bina Putera Banjar
  • Dian Hadiani STISIP Bina Putera Banjar
  • Asep Endri Mulyana STISIP Bina Putera Banjar
  • Andri Helmi Munawar Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v5i1.1240

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Rejasari berlatar belakang bahwa mayoritas kepala keluarga di Dusun Sampih Desa Rejasari adalah perempuan dan hal ini sejalan dengan Pemerintah Kota Banjar yang menjadikan Dusun Sampih tersebut sebagai wilayah binaan pada program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera. Adapun tujuannya adalah memberikan pemahaman dan motivasi kepada kepala keluarga perempuan untuk memiliki semangat jiwa entrepreneur sehingga dapat mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari dan tidak selalu bergantung kepada bantuan pemerintah yang sifatnya hanya stimulan. Metode dalam pelaksanaan pengabdian adalah dengan ceramah interaktif yaitu setelah penyampaian materi dan teori, tim mengajak berdiskusi audiens yang pada akhirnya beorientasi pada problem solving. Hasilnya yang didapat setelah dilaksanakananya sosialisasi ini adalah tersampaikannya materi mengenai women enterpreneur sehingga kepala keluarga perempuan yang ada di Dusun Sampih termotivasi untuk bangkit dan memiliki usaha mandiri dengan jiwa wirausaha. Kesimpulannya adalah kepala keluarga perempuan tetap memiliki potensi untuk berwirausaha secara mandiri dengan tentunya tetap memperhatikan kodratnya sebagai perempuan atau ibu rumah tangga.   Kata kunci: Women Entrepreneur, Wirausaha, perempuan berdaya saing.

References

Aldiansyah, M., Khairi, A., & Elmi, H. (2023). Technopreneurship: Ide Kreatif Bisnis Di Era Digital. Media Sains Indonesia.

Cardella, G. M., Hernández-Sánchez, B. R., & Sánchez-García, J. C. (2020). Women entrepreneurship: A systematic review to outline the boundaries of scientific literature. Frontiers in Psychology, 11, 1557.

Manggala, G. D. (2020). Analisis Perkembangan Dan Proyeksi Perekonomian Indonesia Dari Tahun 2014–2020 Setelah Adanya Pandemi Corona. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 1–5.

Marwan, S., & Pasrizal, H. (2020). Manajemen Pemenuhan Kebutuhan Anak di Keluarga Dalam Perspektif Gender. AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 2(1), 65–71.

Meiliyana, I., & Djausal, G. P. (2021). Kajian Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Kabupaten Pringsewu. Lampung: Universitas Lampung.

Noer, K. U. (2021). Pemberdayaan perempuan kepala keluarga miskin melalui program P2WKSS di Kota Bekasi. Community Empowerment, 6(5), 864–876.

Oktaviani, N. F. (2022). 3.4 Ekonomi Kreatif Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Ekonomi Kreatif, 68.

Pramisita, A. A. D., & Utama, M. S. (2020). Efektivitas Dan Pengaruh Bansos Terhadap Tingkat Pemenuhan Kebutuhan Dasar Penduduk Lansia Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. E-Jurnal EP Unud, 9(4), 780–809.

Purba, B., Gaspersz, S., Bisyri, M., Putriana, A., Hastuti, P., Sianturi, E., Yuliani, D. R., Widiastuti, A., Qayyim, I., & Djalil, N. A. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Yayasan Kita Menulis.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Sari, W. D., & Nurani, R. (2022). Menempatkan peran wirausaha wanita dalam usaha kecil dan menengah di Indonesia–Sektor makanan & minuman. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(2), 388–406.

Wibowo, D. S., & Indah, A. N. (2021). Seminar Dan Pelatihan Kewirausahaan Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Mandiri Dan Unggul Dalam Ekonomi. Jiwakerta: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 28–33.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Dara, D. S. N., Dian Hadiani, Asep Endri Mulyana, & Andri Helmi Munawar. (2023). WOMEN ENTREPRENEUR DI LOKASI PENINGKATAN PERAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2WKSS) DUSUN SAMPIH DESA REJASARI KECAMATAN LANGENSARI KOTA BANJAR TAHUN 2022. Journal of Empowerment Community, 5(1), 27–34. https://doi.org/10.36423/jec.v5i1.1240

Issue

Section

Articles