PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN PADA TINGKAT TK, SD, SMP, SMA DAN MASYARAKAT UMUM DI DESA TUNGGILIS, KECAMATAN KALIPUCANG – KABUPATEN PANGANDARAN

Authors

  • Dikdik Purwadisastra Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Titan Parama Yoga
  • Aninditha Putri Kusumawardhani Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v5i2.1472

Abstract

Literasi keuangan sangat berkaitan dengan kesejahteraan individu. Pengetahuan keuangan dan ketrampilan dalam mengelola keuangan pribadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kesulitan keuangan bukan hanya dipengaruhi dari rendahnya pendapatan. Kesulitan keuangan juga dapat muncul jika terjadi kesalahan dalam pengelolaan keuangan seperti kesalahan penggunaan hutang dan tidak adanya perencanaan keuangan. Keterbatasan finansial dapat menyebabkan stress, dan rendahnya kepercayaan diri. Literasi keuangan sejak dini bertujuan untuk memberikan edukasi literasi keuangan sejak dini karena pengetahuan dan pengalaman keuangan yang ditanamkan akan melekat dalam diri anak sehingga membentuk karakter dan kebiasaan mengelola keuangan mereka di masa depan sebagai suatu budaya baik, seperti mengenal makna uang, kebiasaan menabung, hingga mendahulukan kebutuhan dari pada keinginan. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah Participatory Action  Research (PAR)  Metode ini digunakan dalam mengatasi permasalahan mitra melalui tahapan atau langkah-langkah untuk melaksanakan solusi yang ditawarkan. Melihat hasil kegiatan literasi keuangan yang telah dilaksanakan mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan Masyarakat umum, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberikan edukasi serta pemahaman  mengenai pengelolaan keuangan dengan baik dan bijak, mengingat masih kurangnya literasi keuangan yang dimiliki oleh masyarakat desa.

References

Sri Endang. Analisis Peran Perbankan dalam Perekonomian: Jurnal Ekonomi Unri. 2010 Maret 9(1):69-76

Istinfarani, S. Faktor Penentu Tingkat Efisiensi Kinerja Perbankan: Jurnal Akuntansi dan Pajak. 2020 Februari 20 (2):225-235.

Yunita, P. A., Jubi, J., & Astuti, A. (2017). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Sultanist: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 83-92.

www.sikapiuangmu.ojk.go.id

www.ojk.go.id.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Dikdik Purwadisastra, Titan Parama Yoga, & Aninditha Putri Kusumawardhani. (2024). PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN PADA TINGKAT TK, SD, SMP, SMA DAN MASYARAKAT UMUM DI DESA TUNGGILIS, KECAMATAN KALIPUCANG – KABUPATEN PANGANDARAN. Journal of Empowerment Community, 5(2), 70–81. https://doi.org/10.36423/jec.v5i2.1472