PEMBERDAYAAN PERAN MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI WASTE MANANGEMENT UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMILAHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH BERKELANJUTAN VELUE ADDED PADA WASTE INCINERATOR MENUJU DESA MANDIRI SAMPAH DI DESA KARYAMEKAR KECAMATAN PASIRWANGI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS INFORMATIKA DAN BISNIS INDONESIA

Authors

  • Sabilla Saberina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Okta Eka Putra Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Elan Rusnendar Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Mugi Puspita Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Ayu Nike Retnowati Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Vika Aprianti Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Harianto Simarmata Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Shinta Hartini Putri Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v5i2.1473

Abstract

Pemberdayaan masyarakat desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan peran dan kemampuan masyarakat dalam implementasi waste management dalam penanganan sampah dan mengurangi perilaku membuang sampah sembarangan sehingga diharapkan dapat memperbaiki kondisi lingkungan sekitar dengan kemampuan waste management melalui pengolahan sampah menjadi ecobrick dan menggunakan shredder machine serta Meningkatkan peran dan kemampuan masyarakat dalam mengolah residu waste incinerator menjadi peroduk bernilai. Waste management adalah proses sederhana yang digunakan untuk membuang,mengurangi,menggunakan kembali dan mencegah limbah. Pendekatan Waste Management merupakan pendekatan dimana dalam penerapan strategi komprehensif untuk mengolah limbah secara efisien mulai dari asal hingga pembuangan akhir. Desa mandiri adalah desa yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembangunan desa dan memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakatnya. Desa mandiri tidak hanya bergantung pada bantuan dari pemerintah, tetapi juga mampu mengembangkan potensi dan suber daya yang ada di desanya. Desa Karya Mekar Kecamatan Pasirwangi diharapkan mampu mengembangkan keberwujudan Lingkungan yang sehat mampu melakukan pengelolaan limbah sampah secara berlanjut dan memiliki value added bagi masyarakat Dimana tujuan dari Pelaksanaan pengabdian ini  memiliki capaian akhir sebagai  sense of purpose agar terjadi evolusi perilaku dan pemberdayaan peran masyarakat yang berorientasi pada sosial kultur, sehingga muncul kebudayaan bijak sampah melalui peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat.

References

Satria S, Danang AN. Urgensi Penerapan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) sebagai Kontrol Dampak terhadap Lingkungan di Indonesia. JPHK: Jurnal Penegakan Hukun dan Keadilan. 2020;1(2):119-137.

David W. Bum Desa. Yogyakarta: Gava Media; 2018.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 2014.

Fitria DH, Ma’mun S, Manuwoto. Strategies for Increasing Economic Growth through Road and Bridge Infrastructure Investment in Banten Province. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah. 2016;8(1):56-70.

Desi NM, Yudha NI , Diansanto P. Analisis Faktor Penyebab Perilaku Buang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Desa Kluncing, Banyuwangi. PREVENTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2022;13(1):47-57.

Lena E. Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Jurnal Maksipreneur. 2020;10(1):1-12.

Handy A, Alexander W. Strategi Inovasi Dalam Rangka Menjaga Keberlanjutan Bisnis Dalam Menghadapi Era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA). JIMAT: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan. 2018;9(1):51-58.

Republik Indonesia. Kepmendikbud Nomor 754/P/2020 Tentang Indikator Kinerja Utama PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Di Lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud). 2020.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Saberina, S., Okta Eka Putra, Elan Rusnendar, Mugi Puspita, Ayu Nike Retnowati, Vika Aprianti, Harianto Simarmata, & Shinta Hartini Putri. (2024). PEMBERDAYAAN PERAN MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI WASTE MANANGEMENT UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMILAHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH BERKELANJUTAN VELUE ADDED PADA WASTE INCINERATOR MENUJU DESA MANDIRI SAMPAH DI DESA KARYAMEKAR KECAMATAN PASIRWANGI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS INFORMATIKA DAN BISNIS INDONESIA. Journal of Empowerment Community, 5(2), 82–91. https://doi.org/10.36423/jec.v5i2.1473