IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VI SDN SUKASIRNA DENGAN PENDEKATAN KREATIF

Authors

  • Dini Restu Kurniati UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v6i1.1544

Abstract

Penelitian membahas implementasi pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Sukasirna, Jalan Sukawangi No.48, Batusumur, Tasikmalaya. Fokus utama penelitian pada simulasi pembelajaran adalah persiapan perangkat pembelajaran, multimedia, dan strategi pengajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca siswa. Pentingnya Bahasa Inggris di SD disoroti dalam simulasi dengan metode inovatif seperti video, tebak kata, dan Make a Match. Menggunakan naratif inquiry, penelitian mendokumentasikan pengalaman guru dan siswa.

Pentingnya pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar (SD) sebagai respons terhadap tantangan globalisasi disorot dalam simulasi pembelajaran di SDN Sukasirna. Hasil simulasi menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa, penguasaan kosakata, dan partisipasi aktif. Menunjukan peran multimedia dalam meningkatkan motivasi siswa. Poin penting lainnya adalah menekankan perlunya memperhatikan kebutuhan siswa yang beragam untuk menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif. Secara keseluruhan, artikel mengemukakan pendekatan inovatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SD, dengan teknologi, kegiatan praktis, dan strategi inovatif untuk pembelajaran yang menarik dan relevan bagi siswa, memberi mereka kesempatan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: Pembelajaran; pendekatan; pendidik; siswa; merancang.

References

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.

Mulyatno, F. I. (2018). Pelatihan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Abdimas Dewantara, 1(1), 11-22.

Nisa, I. F. (2020). Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia.

Oktavia, D. H. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar: Need Analysis Study. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 257-265.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan matematika universitas bung hatta. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Restu Kurniati, D. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VI SDN SUKASIRNA DENGAN PENDEKATAN KREATIF. Journal of Empowerment Community, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.36423/jec.v6i1.1544

Issue

Section

Articles