PELATIHAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI KAMPUNG ULIN KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v1i1.177Keywords:
Bahasa Inggris, Kampung Ulin, Pelatihan pengajaranAbstract
Penerapan pengajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak sangat penting dalam sistem pendidikan Indonesia saat ini. Bahasa Inggris juga memiliki pengaruh yang sangat kuat pada era globalisasi ini serta menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat penting dalam hubungan internasional, dengan mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan memberikan keuntungan bagi para pelajar dan generasi muda Indonesia. Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu berbahasa Inggris dengan baik serta mengetahui metode atau strategi pengajaran bahasa Inggris yang baik serta sesuai karakter anak.Dengan demikian, untuk membantu guru dalam menciptakan pengajaran yang baik tersebut, penulis bermaksud melakukan pengabdian dengan memberikan pelatihan pengajaran Bahasa Inggris bagi pengajar di Kampung Ulin Kecamatn Rancah Kabupaten Ciamis yang bertujuan untuk (1) Memberikan pengajaran bahasa Inggris dengan menggunakan permainan tradisional yang ada di komunitas kampung ulin agar kemampuan speaking mereka meningkat, (2) Memberikan keterampilan nyata (pengalaman praktis) serta media pembelajaran yang tepat sehingga motivasi dan rasa percaya diri mereka untuk berbicara bahasa Inggris meningkat.
References
Cameron, Lynn. 2001. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.
Linse, C.T. 2005. Young Learners. New York: MGraw Hill.
Moon, J. 2000. Children Language English. United Kingdom: Maccmillan Heinemann.
Mooney, C. G. 2000. Theories of Childhood. St. Paul: Redleaf Press.
Paul, D. 2003. Teaching English to Children in Asia. Hong Kong: Pearson Education North Asia Limited.
Pinter, A. 2006. Teaching Young Language Learners. Oxford: Oxford University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.