PEMBUATAN PROPOSAL BISNIS GUNA MENANAMKAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA MTS NURUL HIKMAH KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Loecita Sandiar
  • Dwi Narsih

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v1i2.311

Abstract

Tingginya minat berwirausaha akan melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda yang memiliki visi yang jelas di masa depan, kreativitas serta inovasi yang tinggi dalam segala bidang. Mereka akan menjadi lebih mandiri, kreatif, dan inovatif dalam menciptakan peluang bisnis baru dan penemuan-penemuan baru. Masalah pengangguran terdidik akan dapat teratasi karena keluaran (output) dari hasil pendidikan kewirausahaan adalah calon-calon entrepreneur muda berbakat yang tidak lagi menjadi pencari kerja (job seeker) tetapi telah menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job maker). Secara parsial, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel subjective norms tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha. Norma subjektif (subjective norms) merepresentasikan dukungan yang diberikan oleh orang-orang terdekat ketika responden akan memilih berwirausaha sebagai salah satu pilihan karir. Pengabdian masyarakat diadakan selama 3 bulan. Kegiatan diadakan di MTS Nurul ikmah Bekasi. Hasil yang dicapai siswa lebih mengenal cara  tahapan berwirasuaha,dan berhati – hati serta cermat dalam merencanakan suatu bisnis / usaha.

Kata Kunci : Proposal Bisnis, Siswa Mts

ABSTRACT

The high interest in entrepreneurship will give birth to young entrepreneurs who have a clear vision of the future, high creativity and innovation in all fields. They will become more independent, creative and innovative in creating new business opportunities and new discoveries. The problem of educated unemployment will be overcome because the outputs of the results of entrepreneurship education are prospective talented young entrepreneurs who are no longer job seekers (job seekers) but have become job creators (job makers). Partially, the results of hypothesis testing indicate that the variable subjective norms do not have a significant effect on entrepreneurial interest. Subjective norms represent the support given by the people closest to them when the respondent will choose entrepreneurship as a career choice. Community service is held for 3 months. The activity was held at MTS Nurul ikmah Bekasi. The results achieved by students are more familiar with the stages of entrepreneurship, and careful and careful in planning a business / business.

Key Word : Business proposal, Mts Student

References

Alifah, S., Narsih, D., & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 66-81.

Aristi, G., & Rahwana, K. A. (2019). Upaya Meningkatkan Pemasaran Produk Umkm Dengan Memanfaatkan Katalog Produk Di Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Journal of Empowerment Community (JEC), 1(1), 6-11

Darmanto,2017,Kewirausahaan dan UMKM, Depublish : Jakarta

Sunarmintyastuti, L., & Widiyarto, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Prakarya Dalam Rangka Meningkatkat Minat Berwirausaha Siswa Mts. Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2)

Sunarya PO,dkk ,2011, Kewirausahaan, Andi Publisher : Jakarta.

Siswoyo, B. B. (2009). Pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan dosen dan mahasiswa. Jurnal ekonomi bisnis, 14(2), 35-45.

Vernia, D. M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Mitra Bakti Husada Bekasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(2), 105-114.

Vernia, D. M. (2019). Peranan Lingkungan Sosial Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Smk Cahaya Prima Jakarta. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 30-36.

Downloads

Published

2019-12-19

How to Cite

Sandiar, L., & Narsih, D. (2019). PEMBUATAN PROPOSAL BISNIS GUNA MENANAMKAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA MTS NURUL HIKMAH KABUPATEN BEKASI. Journal of Empowerment Community, 1(2), 59–66. https://doi.org/10.36423/jec.v1i2.311