BIMBINGAN KONSELING KLINIS PADA SISWA SMA DI KOTA BEKASI

Authors

  • Sara Sahrazad
  • Maria Cleopatra

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v1i2.315

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan bimbingan konseling pada siswa yang mengalam kendala belajar dan beberapa permasalahan yang dijumpai dalam keluarga. Metode yang akan dilakukan dalam Kegiatan ini adalah melalui beberapa tahap. Tahap pertama tatap muka, dan demonstrasi. Tahap selanjutnya para peserta diberikan bimbingan belajar dan cara mengatasi masalah yang timbul di kelas dan dirumah. Kegiatan diikuti oleh 37 siswa dari 2 SMA. Hasil kegiatan ini para siswa  menjadi lebih nyaman dalam menyampaikan informasi kendala dan hamatan belajar,Guru merasa terbantu, dengan adanya penerapan metode yang dapat meningkatkan hasil belajar disekolah,,bimbingan yang baik dapat memotivasi siswa untuk mengatasi masalah belajar dan para guru dapat memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan kompetensi mereka dengan metode yang baik.

Kata Kunci : Bimbingan , Klinis, Siswa SMA

 

                                                                Abstract

This community service activity aims to provide counseling guidance to students who experience learning constraints and some problems encountered in the family. The method that will be carried out in this activity is through several stages. The first stage is face to face, and demonstration. The next stage the participants were given tutoring and how to overcome problems that arise in the classroom and at home. The activity was attended by 37 students from 2 high schools. The results of this activity students become more comfortable in conveying information about obstacles and learning constraints, the teacher feels helped, by the application of methods that can improve learning outcomes at school ,, good guidance can motivate students to overcome learning problems and teachers can improve learning and improve their competency with good methods.

Keywords: Guidance, Clinical, High School Students

 

References

Bhakti, C. P. (2017). Program bimbingan dan konseling komprehensif untuk mengembangkan standar kompetensi siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 131-132.

Riskiyah, R. (2017). Implementasi Permen Dikbud No 111 Tahun 2014 Dan Implikasinya Terhadap Kompetensi Dan Uraian Tugas Guru Bimbingan & Konseling. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 2(1).

Sunarmintyastuti, L., & Widiyarto, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Prakarya Dalam Rangka Meningkatkat Minat Berwirausaha Siswa Mts. Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2)

Myrick, Robert D. 2011. Developmental Guidance and Counseling : A Practical Approach Fifth edition. Minneapolis : Educational Media Corporation

Wilkerson, K., Pérusse, R., & Hughes, A. (2013). Comprehensive school counseling programs and student achievement outcomes: A comparative analysis of RAMP versus non-RAMP schools. Professional School Counseling, 16(3), 172-184.

Downloads

Published

2019-12-19

How to Cite

Sahrazad, S., & Cleopatra, M. (2019). BIMBINGAN KONSELING KLINIS PADA SISWA SMA DI KOTA BEKASI. Journal of Empowerment Community, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.36423/jec.v1i2.315