PELATIHAN MENYUSUN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SEKOLAH DASAR GUGUS II KECAMATAN SINGAPARNA
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v2i1.350Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Guru Sekolah DasarAbstract
Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya guru yang belum mampu menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan ini memberikan pelatihan kepada guru Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Singaparna. Berdasarkan observasi lapangan yang telah dilakukan oleh tim pelaksana, masih banyak guru sekolah dasar yang kebingungan dalam menyusun PTK. Pada kegiatan ini, tim pelaksana memberikan pelatihan kepada guru SD Gugus II Kecamatan Singaparna dalam menyusun PTK yang baik dan benar. Pelaksanaan kegiatan dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan dengan total peserta 20 orang guru yang berasal dari 10 sekolah. Pada kegiatan ini peserta diberikan materi oleh narasumber dalam 2 sesi. Pada sesi pertama, peserta diberi materi tentang teori PTK, langkah-langkah menyusun PTK, dan manfaat dari PTK. Pada sesi kedua, peserta diberi materi tentang cara merumuskan masalah dan rencana solusi dari masalah yang ditemukan. Dengan adanya kegiatan ini, peserta lebih memahami tentang cara penyusunan PTK yang baik dan benar dari mulai merumuskan tujuan, merencanakan solusi, dan langkah-langkah pelaksanaan PTK.References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Creswell, Jhon W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dihamri, Halimah, & Srifitriani, A. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SD Negeri di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), 60-66
Hunaepi, dkk. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru di MTn NW Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38-40
Pramusinto, H., dkk. (2019). Pengembangan Kompetensi Menulis Artikel Hasil PTK Guru Ekonomi SMA Kabupaten Semarang. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Mayarakat, 2(1), 14-18
Sarnita, F. & Widia. (2018). Pelatihan Penyusunan Artikel Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD Sertifikasi Desa Nunggi. JISIP, 2(3), 202-204
Setiawan, B., Widodo, W., & Astriani, D. (2017). Pendampingan Pembuatan Artikel PTK Bagi Guru IPA Kota Probolinggo. Jurnal ABDI, 2(2), 18-22
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, . Bandung: Alfabeta
Suharsaputra, Uhar. (2018). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama
Yudhistira, Dadang. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang APIK. Jakarta: Grasindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.