PEMBANGUNAN KEDAULATAN PANGAN MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA IKAN LELE DI DESA GUNUNGPRING, KECAMATAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG

Authors

  • Eny Boedi Orbawati Universitas Tidar
  • Sri Hidayati Universitas Tidar
  • Gentur Jalunggono Universitas Tidar Magelang
  • Eric Armando Universitas Tidar
  • Ayuningtyas Ayuningtyas Universitas Tidar Magelang

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v2i2.530

Keywords:

Pelatihan, Pendampingan, Budidaya Ikan Lele

Abstract

Pembangunan industri kecil dan menengah merupakan bagian dari pembangunan ekonomi jangka panjang untuk mencapai struktur ekonomi yang seimbang. Tetapi adanya perbedaan potensi sumberdaya, keadaan prasarana dan pasar menyebabkan ketimpangan persebaran lokasi dan perlambatan pertumbuhan. Kondisi saat ini, terjadi penurunan produksi di sektor perikanan berdampak pada rendahnya supplay ikan di beberapa wilayah Kabupaten Magelang. Rendahnya Pasokan Ikan berdampak pada rendahnya ketersediaan ikan dan mengakibatkan tingginya harga ikan. Salah satu alternatif terkait permasalahan tersebut, perlu adanya suatu pemberdayaan yang relevan dengan kebutuhan dan potensi masyarakat sehingga mendukung keberhasilan program pemberdayaan. Untuk dapat meningkatkan ketahanan pangan dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat perlu dilaksanakan program pelatihan berkaitan dengan bidang perikanan, antara lain : Pelatihan budidaya ikan lele. Salah satu alternatif terkait permasalahan tersebut, perlu adanya suatu pemberdayaan yang relevan dengan kebutuhan dan potensi masyarakat sehingga mendukung keberhasilan program pemberdayaan. Untuk dapat meningkatkan ketahanan pangan dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat perlu dilaksanakan program pelatihan berkaitan dengan bidang perikanan, antara lain : Pelatihan budidaya ikan lele, melalui tahapan pelaksanaan antara lain : survey, observasi lapang, sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. dengan adanya program pengabdian masyarakat tentang pelatihan dan pendampingan, masyarakat mendapatkan peningkatan pemahaman, ketrampilan, kualitas dan kuantitas produk.

Author Biographies

Eny Boedi Orbawati, Universitas Tidar

Fisipol Untidar

Sri Hidayati, Universitas Tidar

Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Tidar Magelang

Gentur Jalunggono, Universitas Tidar Magelang

Program Studi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Eric Armando, Universitas Tidar

Program Studi Akuakultur

Ayuningtyas Ayuningtyas, Universitas Tidar Magelang

Program Studi Akuakultur Universitas Tidar Magelang

References

Bappenas. 2016. Kajian Strategi Industrialisasi Perikanan Untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi Wilayah. https://www.bappenas.go.id/files/7614/4401/4206/Strategi_Pengelolaan_Perikanan_Berkelanjutan.pdfDiakses pada tanggal 1 September 2019.

Dinas Komunikasi dan Informasi. 2017. Indikator Ekonomi Magelang 2017. http://diskominfo.magelangkab.go.id/download/file/INDIKATOR%20EKONOMI%202017%20FINAL.pdf. Diakses pada tanggal 1 September 2019.

Nugroho Sidiq Permono, Muzakar Isa, Anton Agus Setyawan. 2017. Analisis Potensi Ekonomi dan Pengembangan Klaster Ikan di Kabupaten Sragen. The 6th University Research Colloquium . 581-588.

Peraturan Bupati Magelang. 2018. Peraturan Bupati Magelang 2018 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2018.

PPN Sungailat. 2018. GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) : Upaya Peningkatan Gizi Sejak Dini. https://kkp.go.id/djpt/ppnsungailiat/artikel/6676-gemarikan-gemar-memasyarakatkan-makan-ikan-upaya-peningkatan-gizi-sejak-dini. Diakses pada tanggal 1 September 2019.

Downloads

Published

2020-10-02

How to Cite

Orbawati, E. B., Hidayati, S., Jalunggono, G., Armando, E., & Ayuningtyas, A. (2020). PEMBANGUNAN KEDAULATAN PANGAN MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA IKAN LELE DI DESA GUNUNGPRING, KECAMATAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG. Journal of Empowerment Community, 2(2), 144–150. https://doi.org/10.36423/jec.v2i2.530