Edukasi Pembuatan Silase Rumput Odot sebagai Alternatif Pemenuhan Kebutuhan Pakan Domba-Kambing Di Desa Gunungpring, Muntilan

Authors

  • Tri Puji Rahayu Universitas Tidar Magelang
  • Esna Dilli Novianto Prodi Agroteknologi Untidar Magelang
  • Nur Hidayah3 Prodi Peternakan Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v2i2.540

Keywords:

Silase, Hijauan, domba, kambing

Abstract

Beberapa permasalahan timbul dalam proses pemeliharaan ternak ruminansia terutama kambing dan domba pada peternak rakyat Desa Gunungpring yaitu 1) pemenuhan kebutuhan pakan secara mandiri tanpa merumput (ngarit); 2) pemberian hijauan pakan dengan kualitas rendah.  Potensi hijauan pakan di daerah tersebut cukup melimpah, sehingga perlu transfer pengetahuan dan keterampilan tentang pemanfaatan hijauan pakan ternak melalui proses teknologi pengolahan pakan salah satunya silase.  Tujuan program ini antara lain sebagai solusi bagi peternak dalam pemenuhan kebutuhan pakan domba-kambing secara mandiri tanpa merumput (ngarit) dan peningkatan penggunaan hijauan pakan berkualitas. Target khusus program yaitu peningkatan pengetahuan proses pembuatan silase pakan domba-kambing bagi peternak di Desa Gunungpring. Metode pelaksanaan program adalah a) pengisian kuisioner tentang pengetahuan jenis hijauan pakan dan teknologi pengolahan hijauan berupa silase; b) pendidikan masyarakat, melalui penyuluhan pengetahuan jenis hijauan pakan dan cara pembuatan silase; c) praktik dan pelatihan cara pembuatan silase hijauan; d) evaluasi pelaksanaan program PKM yang telah dilaksanakan. Luaran yang diharapkan melalui kegiatan PKM ini antara lain pengetahuan dan keterampilan tentang hijauan pakan dan pembuatan silase,  publikasi media massa/online dan terjadi peningkatan penerapan IPTEK dalam pengolahan pakan kambing dan domba di Desa Gunungpring.

Author Biography

Tri Puji Rahayu, Universitas Tidar Magelang

Prodi Peternakan Universitas Tidar

References

BPS Kabupaten Magelang. (2018). Kabupaten Magelang dalam Angka.

Lionberger, Herbert F. (1960). Adoption of New Ideas and Practices. Pp. 164. USA: The Iowa State University Press.

Meeske, R. (2005). Silage additives: do they make a difference. South African Society for Animal Science: Popular-scientific articles 6: 49-55.

https://desagunungpring.magelangkab.go.id/First. Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan. Diakses tanggal 20 Agustus 2020.

Muktiani, A., J. Achmadi, B.I.M. Tampoebolon dan R. Setyorini. (2013). Pemberian Silase Limbah Sayuran yang Disuplementasi dengan Mineral dan Alginat sebagai Pakan Domba. JITP. 2(3): 145-151.

Soekartawi, Suhardjono, t. Hartono dan A. Ansjarullah. (1986). Rancangan Instruksional. Jakarta: . PT. Rajawali Press.

Utomo, R. (2015). Konservasi Hijauan Pakan dan Peningkatan Kualitas Bahan Pakan Berserat Tinggi. Cetakan pertama. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Pp: 74 -123.

Downloads

Published

2020-10-02

How to Cite

Rahayu, T. P., Novianto, E. D., & Hidayah3, N. (2020). Edukasi Pembuatan Silase Rumput Odot sebagai Alternatif Pemenuhan Kebutuhan Pakan Domba-Kambing Di Desa Gunungpring, Muntilan. Journal of Empowerment Community, 2(2), 159–166. https://doi.org/10.36423/jec.v2i2.540