PELATIHAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK GURU PAUD KECAMATAN SADANANYA KABUPATEN CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v2i1.557Keywords:
Bahasa Inggris, Guru PAUD, Pelatihan, PengajaranAbstract
Permasalahan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia adalah kurangnya akses pada penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan nyata sehari-hari siswa di masyarakat. Dengan demikian hal ini membuat siswa kesulitan untuk menyikapi belajar Bahasa Inggris sebagai sesuatu yang berguna untuk kehidupan sehari-harinya. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meletakkan dasar yang kuat dalam dasar-dasar pengembangan kemampuan belajar bahasa Inggris di tingkat pendidikan dasar akan memungkinkan siswa mencapai tingkat kemampuan belajar bahasa Inggris yang baik dan efisien di tingkat pendidikan selanjutnya. Selain itu untuk menigkatkan kemampuan guru dalam mengajar bahasa Inggris dan solusi pemecahan masalah pembelajaran bahasa Inggris untuk guru SD di Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Berdasarkan tujuan tersebut, pelatihan ini menggunakan metode lecturing pada sesi seminar dan practice pada sesi workshopnya. Sebagian guru bahasa Inggris SD di Kecamatan Sadananya tidak mempunyai pengetahuan mengenai pengajaran bahasa Inggris ditingkat dasar. Para guru bahasa Inggris disana juga tidak pernah mengimplementasikan pengajaran yg kreatif dan inovatif. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki pengetahuan serta pengalaman dalam mengimplementasikannya, buku serta artikel yang mereka baca pun kurang relevan sehingga banyak dari mereka yang kurang memahami bagaimana cara mengimplementasikannya, ditambah dengan dengan background pendidikan mereka yang bukan S1 Pendidikan Bahasa Inggris.References
Brewster, J. and Ellis, G. (2003). The Primary English Teacher’s Guide. Essex: Penguin English.
Cameron, Lynne. (2001). Teaching Language to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.
Depdiknas, Http:www.depdiknas.go.id/selayangpandangpenyelenggaraanpendidikan nasional. “Assessed 10 Januari 2011â€.
Fraenkel, Jack R. and Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mcgraw-Hill companies Inc.
Listia, R., and Kamal, S. (2009). Kendala Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Universitas Lambung Makurat.
Musthafa, B. 2008. Teaching English to Young Learners: Principles and Techniques, Bandung, PPs-UPI Press.
Paul, D. 2003. Teaching English to Children in Asia. Hongkong, PRC: Longman Asia ELT
Pinter, Anamaria. (2006). Teaching Young Language Learners. New York: Oxford University Press.
Slattery, M. And Willis, J. (2009). English for Primary Teachers: A handbook of activities and classroom language. New York: Oxford University Press.
Suyanto, Kasihani K. E. 2000. Senang Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Penelitian 10 Provinsi di Indonesia. Malang : Lemlit Universitas Malang.
Suyanto, Kasihani K. E. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.