PELATIHAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK GURU PAUD KECAMATAN SADANANYA KABUPATEN CIAMIS

Authors

  • Lystiana Nurhayat Hakim Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v2i1.557

Keywords:

Bahasa Inggris, Guru PAUD, Pelatihan, Pengajaran

Abstract

Permasalahan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia adalah kurangnya akses pada penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan nyata sehari-hari siswa di masyarakat. Dengan demikian hal ini membuat siswa kesulitan untuk menyikapi belajar Bahasa Inggris sebagai sesuatu yang berguna untuk kehidupan sehari-harinya. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meletakkan dasar yang kuat dalam dasar-dasar pengembangan kemampuan belajar bahasa Inggris di tingkat pendidikan dasar akan memungkinkan siswa mencapai tingkat kemampuan belajar bahasa Inggris yang baik dan efisien di tingkat pendidikan selanjutnya. Selain itu untuk menigkatkan kemampuan guru dalam mengajar bahasa Inggris dan solusi pemecahan masalah pembelajaran bahasa Inggris untuk guru SD di Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Berdasarkan tujuan tersebut, pelatihan ini menggunakan metode lecturing pada sesi seminar dan practice pada sesi workshopnya. Sebagian guru bahasa Inggris SD di Kecamatan Sadananya tidak mempunyai pengetahuan mengenai pengajaran bahasa Inggris ditingkat dasar. Para guru bahasa Inggris disana juga tidak pernah mengimplementasikan pengajaran yg kreatif dan inovatif. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki pengetahuan serta pengalaman dalam mengimplementasikannya, buku serta artikel yang mereka baca pun kurang relevan sehingga banyak dari mereka yang kurang memahami bagaimana cara mengimplementasikannya, ditambah dengan dengan background pendidikan mereka yang bukan S1 Pendidikan Bahasa Inggris.

Author Biography

Lystiana Nurhayat Hakim, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

References

Brewster, J. and Ellis, G. (2003). The Primary English Teacher’s Guide. Essex: Penguin English.

Cameron, Lynne. (2001). Teaching Language to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Depdiknas, Http:www.depdiknas.go.id/selayangpandangpenyelenggaraanpendidikan nasional. “Assessed 10 Januari 2011â€.

Fraenkel, Jack R. and Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mcgraw-Hill companies Inc.

Listia, R., and Kamal, S. (2009). Kendala Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Universitas Lambung Makurat.

Musthafa, B. 2008. Teaching English to Young Learners: Principles and Techniques, Bandung, PPs-UPI Press.

Paul, D. 2003. Teaching English to Children in Asia. Hongkong, PRC: Longman Asia ELT

Pinter, Anamaria. (2006). Teaching Young Language Learners. New York: Oxford University Press.

Slattery, M. And Willis, J. (2009). English for Primary Teachers: A handbook of activities and classroom language. New York: Oxford University Press.

Suyanto, Kasihani K. E. 2000. Senang Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Penelitian 10 Provinsi di Indonesia. Malang : Lemlit Universitas Malang.

Suyanto, Kasihani K. E. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Hakim, L. N. (2020). PELATIHAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK GURU PAUD KECAMATAN SADANANYA KABUPATEN CIAMIS. Journal of Empowerment Community, 2(1), 115–120. https://doi.org/10.36423/jec.v2i1.557

Issue

Section

Articles