PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DI KELURAHAN SUKAHURIP KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Kusuma Agdhi Rahwana Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Intan Rahayu Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • barin barlian Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v4i1.673

Keywords:

produk UMKM, pemasaran, digital marketing

Abstract

Pengabdian ini berawal dari adanya permintaan dari Kelurahaan Sukahurip untuk memberikan materi tentang pemasaran produk kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Kelurahan Sukahurip merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya yang penghasilan penduduknya sebagian besar didapat dari berwirausaha. Wirausaha yang digelutinya diantaranya yaitu kelom geulis, spon bahan alas sandal, tas, aneka makanan ringan, alat peraga interaktif, dan lain lain. Akan tetapi masyarakat tersebut masih perlu pembinaan dan pendampingan terutama dalam pemasaran produk melalui digital atau online. UMKM di Kelurahan Sukahurip memiliki ragam usaha, seperti kelom geulis, sendal spon, mebeul, alat peraga interaktif, aneka kuliner dan makanan ringan, serta jenis usaha lainnya. Namun, kurangnya promosi dan penjualan produk yang masih dilakukan secara tradisional serta kemampuan manajemen atau pengelolaan yang kurang profesional, hal tersebut yang menyebabkan beberapa UMKM di Kelurahan Sukahurip kurang berkembang dengan baik. Bahkan usaha kelom geulis yang menjadi icon Kota Tasikmalaya bayak yang gulung tikar. Selain itu, ada juga pelaku UMKM yang menjual barang dagangnanya ke pedagang besar tanpa merek, karena tetap ingin memperoleh pendapatan. Sehingga banyak yang produknya diakui sebagai produk orang lain. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menerapkan digital marketing terhadap penjualan UMKM yang ada di Kelurahan Sukahurip dengan maksud mengenalkan dan meningkatkan omset penjualannya, sedangkan metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode parsitipatif, penyuluhan, pendampingan dan pelatihan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan adanya bantuan pelatihan dan aplikasi e- commerce dapat meningkatkan motivasi bagi para UMKM untuk melaksanakan pemasaran terhadap produknya supaya omsetnya meningkat.

Author Biographies

Kusuma Agdhi Rahwana, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Prodi manajemen

Intan Rahayu, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

prodi Akuntansi

barin barlian, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Prodi manajemen

References

Adnan, Husada Putra. 2016. Peran UMKM Dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi. Oktober 2016.

Destiningrum, Mara, dkk. 2017. Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknoinfo. Vol. 11. No. 2. Oktober 2017

Handayani, Sri, dkk. 2016. Sistem Informasi E-Commerce Untuk Jaringan Penjualan Sepeda Motor Bekas Kabupaten Kampar (Studi Kasus Adira Finance). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi. Vol. 2. No 2. Agustus

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15e New jersey: Person Prentice Hall, Inc

Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Rahwana, K. A., Rahayu, I., & barlian, barin. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DI KELURAHAN SUKAHURIP KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA. Journal of Empowerment Community, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.36423/jec.v4i1.673

Issue

Section

Articles