BIMBEL BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI RUMAH LITERASI BANJAR MENGGUNAKAN SMARTPHONE DI MASA KEHIDUPAN NORMAL BARU PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dedeh Rohayati Universitas Galuh
  • R. Bunga Febriani Bunga Universitas Galuh
  • Etika Rachmawati Rachmawati Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.802

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberikan bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah di Rumah Literasi Banjar menggunakan Smartphone. Khalayak sasaran pengabdian berjumlah 19 orang anak-anak sekolah dari tingkat TK hingga SMA. Mereka dibagi menjadi lima rombongan belajar (rombel). Setiap rombongan belajar memiliki jumlah siswa belajar maksimal 5 orang saja sesuai ketentuan pembelajaran tatap muka di masa kehidupan normal baru  Pandemi Covid-19. Pemberian bimbingan belajar Bahasa Inggris dilakukan berdasarkan kebutuhan akan pengenalan Bahasa Inggris untuk tingkat sekolah dasar dan permasalahan yang dihadapi dalam memahami materi tertentu mata pelajaran Bahasa Inggris (SMP/ SMA). Pelaksanaan bimbingan belajar ini dilakukan selama 4 kali pertemuan setiap hari Ahad/ Minggu selama bulan puasa Ramadan 1442 H atau dari tanggal 18 April sampai 9 Mei 2021. Sumber data pengabdian ini diperoleh melalui dairy journal, dokumentasi video (observasi), dan wawancara yang diuraikan secara deskriptif. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa implementasi bimbingan belajar secara tatap muka dilakukan sesuai tingkat sekolah dan sesuai prokes pandemi Covid-19. Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah mendapat respon positif karena bimbingan belajar Bahasa Inggris gratis memberikan pengalaman yang berharga bagi anak-anak sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga SMA. Kegiatan pengabdian semacam ini selayaknya dilakukan secara berksinambungan dan tentu saja dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang keilmuwan. Kata kunci: Bahasa Inggris, bimbingan belajar.  

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Dedeh Rohayati, Bunga , R. B. F., & Rachmawati, E. R. (2021). BIMBEL BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI RUMAH LITERASI BANJAR MENGGUNAKAN SMARTPHONE DI MASA KEHIDUPAN NORMAL BARU PANDEMI COVID-19. Journal of Empowerment Community, 3(2), 43–55. https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.802