Pengabdian Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program Bimbingan Belajar

Pengabdian Masyarakat

Authors

  • Aminatuz Zahro Siti IAIN KEDIRI
  • Binti Mutafarida Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v4i1.824

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang terdampak dari adanya pandemi covid-19. Banyak upaya yang telah digunakan untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19 salah satunya adalah dengan pembelajaran dari rumah atau dalam jaringan (daring). Banyak dari siswa yang tidak memahami pembelajaran saat proses pembelajaran daring berlangsung. Melalui program kerja bimbingan belajar dalam kegiatan KKN IAIN KEDIRI 2021 dimaksudmkan untuk membantu proses belajar siswa. Pendampingan belajar ini merupakan salah satu bentuk kontribusi mahasiswa dalam bidang pengabdian masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan ilmu serta kepedulian yang dimilikinya untuk anak-anak yang sedang menjalankan pembelajaran daring. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu para orang tua yang tidak bisa mendampingi anaknya dalam mengikuti pembelajaran secara daring dan juga untuk meningkatkan motivasi serta semangat belajar siswa. Kegiatan ini melibatkan siswa sekolah tingkat TK/RA dan SD/MI yang bertempat tinggal di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara tatap muka sesuai dengan protokol kesehatan. Hasil kegiatan menunjukkan orang tua merasa terbantu dengan adanya program bimbingan belajar ini serta anak-anak menunjukkan sikap antusias termotivasi dan lebih semangat dalam belajar.Kata kunci: Pengabdian masyarakat, Covid-19, Bimbingan belajar.

References

Bakhri, S., & dkk. (2020). Pengetahuan dan Motivasi Untuk menumbuhkan Minat Berinvestasi Pada Mahasiswa, Jurnal Manjemen dan akutansi. Jurnal Manejemen dan akutansi, 60-73.

Dwi, N. (2013). Konstruksi Sosial Peserta didik pada Lembaga Bimbingan Non Formal.Jurnal Paradigma, 7-15.

Fashiha, A. (2020). Pendampingan belajar Siswa melalui Kegiatan Bimbel Di Desa Tampirkulon Magelang”. Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang , 4.

Gio 123, Perlukah Bimbingan Belajar DI Masa Pandemi (internet). ( di unduh 28 agustus 2021)tersedia pada https:bimbeltridaya.com/perlukah-bimbingan-belajar-di-masa-pandemi/

Gupta, Deepali & Khairina, Noviandri Nurlaili. (2020). Retrived 29 Agustus 2021 dari https://blogs.worldbank.org/eastasiapacific/covid1-19-and-learninginquities-indonesia-fourways-bridge-gap

Keen, P. (2000). Kamus Istilah Teknologi Informasi Menejer. Yogyakarta: penerbit Andi.

Lutfiyah, Evi Roviati(2020), Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal DIMASEJATI, Vol. No.2,h.183.

Risqiyah, dkk. (2021). ", Upaya Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Belajar Melalui Program Bimbingan Belajar di Masa Pandemi Covid-19". DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 3 Nomor 1, hal 26.

Rosaria, D ., & Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bgi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt 32 handil Bhakti. Jurnal L-Ikhlas, 2.

Qisthi, A. Z. (2020). Bimbingan Belajar Secara Daring Guna Membantu siswa Dalam Kegiatan Belajar mengajar di Masa Pandemi di Kecamatan Simo. Universitas Negeri Semarang, 13.

Said, M. (2010). 80+ Ice Breaker Games-Kumpulan Permainan Penggugah Semangat. Yogykarta: Andi Offset.

Siyahailatua,S.E & Tarigan, M. Beri Status Pandemi Untuk Covid Apa Artinya?. TEMPO.CO: google.com/amp/s/gaya.tempo.co/amp/1319075/who-beri-status-pandemi-untuk-covid-19-apa-artinya diunduh tanggal 29 agustus 2021.

Soenarno, A. (2005). Ice Breaker Permainan Atraktif-Edukatif. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumarto. (2020). Pengabdian Masyarakat pada Masa Pandemi Pembuatan Buku dan Krikatur Sekolah Covid-19 dalam Memberikan Panduan belajar Online Selama Pandemi dan Membantu Ekonomi Masyarakat Melalui Penjualan Buku Karikatur. 3

Sunarto. (2012). Ice Breaking Permainan Atraktif dan Edukatif. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Siti, A. Z., & Mutafarida, B. (2022). Pengabdian Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program Bimbingan Belajar: Pengabdian Masyarakat. Journal of Empowerment Community, 4(1), 24–33. https://doi.org/10.36423/jec.v4i1.824

Issue

Section

Articles