PENINGKATAN PEMAHAMAN KETENTUAN PERPAJAKAN PENGURUS DALAM MENGELOLA BANK SAMPAH DI PERUMAHAN BUMI ASRI DIRGANTARA KELURAHAN PARAKANNYASAG KECAMATAN INDIHIANG KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Arga Sutrisna Universitas Perjuangan Tasikmalaya https://orcid.org/0000-0003-1173-6999
  • Ari Arisman Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Suci Putri Lestari Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v4i2.834

Abstract

Tujuan utama yang ingin dicapai berkaitan dengan program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PTTG) di Perumahan Bumi Asri Dirgantara adalah memberikan pemahaman perpajakan kepada subjek. Adapun metode yang digunakan adalah penyuluhan tentang pentingnya pajak dalam Manajemen Bank Sampah dan bagaimana tata cara pelaporan pajak dan pengisian laporan pajak untuk semua kegiatan Bank Sampah. Luaran dari Pengabdian Masyarakat ini adalah terbit di Jurnal Nasional tidak terakreditasi.

Kata kunci: bank sampah, manajemen bank sampah.

References

Aryenti, (2012), Peran Pendamping Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah 3r (Reduce, Reuse, Recycle) Di Kota Banjar Task Field Officer In Waste Management 3r (Reduce, Reuse, Recycle) Concept Community In Banjar City, Pusat Litbang Permukiman, Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum, Jurnal Permukiman Vol. 7 No. 2 Agustus 2012 : 101-109

Buchari, Alma, (2000), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kelima, Bandung : Alfabeta

Busori Sunaryo, dkk., (2011), Dampak Program Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Sebagai Salah Satu Program Corporate Social Responsibility Badak Lng Terhadap Pembentukan Budaya Hijau (Green Culture) Pada Masyarakat Kota Bontang, Manager Media, CSR, External Relation Badak LNG

Dharmesta, Basu Swastha, (2002), Azas-azas Marketing, Yogyakarta : Liberty

Kristina Setyowati, Didik Gunawan S,Faizatul Ansoriyah, (2015), Capacity Building: Unit Pengelolaan Sampah Dalam Perspektif Governance Di Pasar Bunder Kabupaten Sragen, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret, Spirit Publik ISSN. 1907-0489 Volume 10, Nomor 2 Oktober 2015 Halaman 137 – 152

Kotler, Philip, (2002), Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa oleh Hendra Teguh dkk, Edisi Milenium, Jakarta : PT Prenhallindo

Kotler, Philip dan A.B. Susanto, (2000), Manajemen Pemasaran Indonesia, Alih Bahasa oleh Ancella Anitawati dan Hermawan, Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat

Linda Fitrina Hasnam, dkk., (2017), Strategi Pengembangan Bank Sampah Di Wilayah Depok, Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor, Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Vol. 3 No. 3, September 2017, ISSN: 2528-5149 EISSN: 2460-7819

Retno Maryani, dkk., (2012), Pengembangan Pola Kemitraan Masyarakat Desa Hutan Mendukung Strategi Pembangunan Daerah Berwawasan Lingkungan, Kementerian Kehutanan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kehutanan Pusat Penelitian Dan Pengembangan PerubahanIklim DanKebijakan

Sri Nurhayati Qodriyatun, (2014), meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sampah berdasarkan uu no. 18 tahun 2008, Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI)Sekretariat Jenderal DPR RI.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Sutrisna, A., Arisman, A. ., & Putri Lestari, S. . (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN KETENTUAN PERPAJAKAN PENGURUS DALAM MENGELOLA BANK SAMPAH DI PERUMAHAN BUMI ASRI DIRGANTARA KELURAHAN PARAKANNYASAG KECAMATAN INDIHIANG KOTA TASIKMALAYA. Journal of Empowerment Community, 4(2), 34–38. https://doi.org/10.36423/jec.v4i2.834