BIMBEL BAHASA INGGRIS GRATIS BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI RUMAH LITERASI BANJAR MENGGUNAKAN SMARTPHONE DI ERA KEBIASAAN BARU PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v7i1.836Abstract
Bimbel Bahasa Inggris gratis tanpa mengurangi kuaitas pembelajarannya sangat didambakan bagi masyarakat di era kebiasaan baru pandemic Covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberikan bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah di Rumah Literasi Banjar menggunakan Smartphone. Pelaksanaan bimbingan belajar ini dilakukan selama 4 kali pertemuan setiap hari Ahad/ Minggu selama bulan puasa Ramadan 1442 H atau dari tanggal 18 April sampai 9 Mei 2021. Sumber data pengabdian ini diperoleh melalui dairy journal, dokumentasi video (observasi), dan wawancara yang diuraikan secara deskriptif. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa penguasaan vocabulary anak-anak sekolah tingkat TK mengalami peningkatan jumlah kosakata sebesar 87%; dan anak-anak sekolah tingkat SD sebesar 85%. Sedangkan anak-anak tingkat SMP mengalami peningkatan penguasaan Degree of comparison sebesar 80%; dan anak-anak tingkat SMA sebesar 70% dalam penguasaan jenis-jenis tensis. Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah mendapat respon positif karena bimbingan belajar Bahasa Inggris gratis memberikan pengalaman yang berharga bagi anak-anak sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga SMA. Kegiatan pengabdian semacam ini selayaknya dilakukan secara berksinambungan dan tentu saja dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang keilmuwan.
Kata kunci: Bahasa Inggris, bimbingan belajar.
References
Anil, B. (2015). “Use of Technology in English Teaching Classroom a Study”.American International Journal of Research in Humanities, Arts and Social Sciencies, Vol.15, pp. 316- 318. Available : ISSN : 2328-3734.
Baswedan, A. (2021). Simak! 11 aturan PSBB ketat Anies yang berlaku hari ini. Diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20210111071542-4-214891/simak-11-aturan-psbb- ketat-anies-yang-berlaku-hari-ini/2
Berber, D. C. (2015). An investigation of Turkish pre-service teachers’ Technological, Pedagogical, and Content Knowledge. Florida: Computers, 1(4), 234-250. https://www.researchgate.net/profile/Ali_ErdempublicationCoverPdf
Hastuti, N. & Roviati, E. (2020). Pendampingan belajar pengenalan bahasa Inggris menyenangkan dari rumah di masa pandemi Covid 19. AL KHIDMAT: JURNAL ILMIAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol.3 No. 2 Tahun 2020
Kamlasi, I. (2019). Bimbingan belajar bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 260- 267
Li, W., & Xia, G. (2016). An empirical study on college English teacher’s TPACK: Theory and application. IOSR Journal of Engineering, 6(4), 2278-8719.
Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S. et al. (2019). A sequential explanatory investigation of TPACK: Indonesian science teachers’ survey and perspective. Jambi: Journal of Technology and Science Education, 9(3), 269-281. https://doi.org/10.3926/jotse.662
Mulyanti, W. & Hakim, L.N. (2021). Meningkatkan minat baca dan kemampuan bahasa Inggris anak melalui pembentukan rumah baca “English Extensive Reading”. Journal of Empowerment Community, Vol. 3 No. 1, Maret 2021.
Poerwadarminta, W.J.S. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustakah: Amirko.
Pun, M. (2013). “The use of Multimedia Technology in English Language Teaching : A Global Perspective”. Crossing the Border : International Journal of Interdiciplinary Studies. 1,1:29- 38.
Rohayati, D., & Friatin, L.Y. (2019). E-writing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam
menulis teks eksposisi mahasiswa bahasa Inggris Universitas Galuh. Faktor Jurnal Ilmiah
Kependidikan Vol. 6 No. 2 Juli 2019, hal 119-128
Suhartono, Susiani, T.S., Ngatman, Salimi, M., & Hidayah, R. (2021). Pelatihan pembuatan media
pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dalam pembelajaran bahasa indonesia
bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Petanahan. Journal of Empowerment Community
Vol. 3 No. 1, Maret 2021
Tang, C.M., & Chaw, L.Y. (2013). Readiness for blended learning: Understanding attitude of university students. International Journal of Cyber Society and Education Pages 79-100, Vol. 6, No. 2, December 2013.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Thun 2002 Tentang Perlindungan Anak. https://www.kpai.go.id/hukum/undang-undang-uu-ri-no-23-tahun-2002-tentang- perlindungan-anak
Widyaningsih, T.L., and Basiron. (2016). Pemberian Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Kepada Anak Asuh di Panti Asuhan Yatim Ahmad Yani Al Muslimun Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Volume 5, Nomor 1, Juli 2016 : 5 – 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.