BIMBEL BAHASA INGGRIS GRATIS BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI RUMAH LITERASI BANJAR MENGGUNAKAN SMARTPHONE DI ERA KEBIASAAN BARU PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dedeh Rohayati Universitas Galuh
  • R Bunga Febriani Universitas Galuh
  • Etika Rachmawati Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v7i1.836

Abstract

Bimbel Bahasa Inggris gratis tanpa mengurangi kuaitas pembelajarannya sangat didambakan bagi masyarakat di era kebiasaan baru pandemic Covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberikan bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah di Rumah Literasi Banjar menggunakan Smartphone. Pelaksanaan bimbingan belajar ini dilakukan selama 4 kali pertemuan setiap hari Ahad/ Minggu selama bulan puasa Ramadan 1442 H atau dari tanggal 18 April sampai 9 Mei 2021. Sumber data pengabdian ini diperoleh melalui dairy journal, dokumentasi video (observasi), dan wawancara yang diuraikan secara deskriptif. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa penguasaan vocabulary anak-anak sekolah tingkat TK mengalami peningkatan jumlah kosakata sebesar 87%; dan anak-anak sekolah tingkat SD sebesar 85%. Sedangkan anak-anak tingkat SMP mengalami peningkatan penguasaan Degree of comparison sebesar 80%; dan anak-anak tingkat SMA sebesar 70% dalam penguasaan jenis-jenis tensis. Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah mendapat respon positif karena bimbingan belajar Bahasa Inggris gratis memberikan pengalaman yang berharga bagi anak-anak sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga SMA. Kegiatan pengabdian semacam ini selayaknya dilakukan secara berksinambungan dan tentu saja dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang keilmuwan.

Kata kunci: Bahasa Inggris, bimbingan belajar.

References

Anil, B. (2015). “Use of Technology in English Teaching Classroom a Study”.American International Journal of Research in Humanities, Arts and Social Sciencies, Vol.15, pp. 316- 318. Available : ISSN : 2328-3734.

Baswedan, A. (2021). Simak! 11 aturan PSBB ketat Anies yang berlaku hari ini. Diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20210111071542-4-214891/simak-11-aturan-psbb- ketat-anies-yang-berlaku-hari-ini/2

Berber, D. C. (2015). An investigation of Turkish pre-service teachers’ Technological, Pedagogical, and Content Knowledge. Florida: Computers, 1(4), 234-250. https://www.researchgate.net/profile/Ali_ErdempublicationCoverPdf

Hastuti, N. & Roviati, E. (2020). Pendampingan belajar pengenalan bahasa Inggris menyenangkan dari rumah di masa pandemi Covid 19. AL KHIDMAT: JURNAL ILMIAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol.3 No. 2 Tahun 2020

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan belajar bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 260- 267

Li, W., & Xia, G. (2016). An empirical study on college English teacher’s TPACK: Theory and application. IOSR Journal of Engineering, 6(4), 2278-8719.

Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S. et al. (2019). A sequential explanatory investigation of TPACK: Indonesian science teachers’ survey and perspective. Jambi: Journal of Technology and Science Education, 9(3), 269-281. https://doi.org/10.3926/jotse.662

Mulyanti, W. & Hakim, L.N. (2021). Meningkatkan minat baca dan kemampuan bahasa Inggris anak melalui pembentukan rumah baca “English Extensive Reading”. Journal of Empowerment Community, Vol. 3 No. 1, Maret 2021.

Poerwadarminta, W.J.S. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustakah: Amirko.

Pun, M. (2013). “The use of Multimedia Technology in English Language Teaching : A Global Perspective”. Crossing the Border : International Journal of Interdiciplinary Studies. 1,1:29- 38.

Rohayati, D., & Friatin, L.Y. (2019). E-writing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam

menulis teks eksposisi mahasiswa bahasa Inggris Universitas Galuh. Faktor Jurnal Ilmiah

Kependidikan Vol. 6 No. 2 Juli 2019, hal 119-128

Suhartono, Susiani, T.S., Ngatman, Salimi, M., & Hidayah, R. (2021). Pelatihan pembuatan media

pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dalam pembelajaran bahasa indonesia

bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Petanahan. Journal of Empowerment Community

Vol. 3 No. 1, Maret 2021

Tang, C.M., & Chaw, L.Y. (2013). Readiness for blended learning: Understanding attitude of university students. International Journal of Cyber Society and Education Pages 79-100, Vol. 6, No. 2, December 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Thun 2002 Tentang Perlindungan Anak. https://www.kpai.go.id/hukum/undang-undang-uu-ri-no-23-tahun-2002-tentang- perlindungan-anak

Widyaningsih, T.L., and Basiron. (2016). Pemberian Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Kepada Anak Asuh di Panti Asuhan Yatim Ahmad Yani Al Muslimun Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Volume 5, Nomor 1, Juli 2016 : 5 – 9.

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Rohayati, D., Febriani, R. B., & Rachmawati, E. (2025). BIMBEL BAHASA INGGRIS GRATIS BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI RUMAH LITERASI BANJAR MENGGUNAKAN SMARTPHONE DI ERA KEBIASAAN BARU PANDEMI COVID-19. Journal of Empowerment Community, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.36423/jec.v7i1.836

Issue

Section

Articles