PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN UNTUK SISWA-SISWI MA MA'ARIF KOTA GAJAH

Authors

  • Tridarma Rosmalasari Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v4i1.951

Abstract

Kurangnya pemahaman akan laporan keuangan pada siswa siswi Ma’Arif Kota Gajah akan sangat mempengaruhi pengelolaam keuangan terutama saat siswa-siswi melakukan wirausaha. Pengetahuan keuangan sangat penting dipahami karena dengan memahami laporan keuangan, akan membantu dalam proses pengambilan keputusan bisnis. Oleh karena itu diberikan pelatihan pengelolaan keuangan dasar untuk menghitung laba rugi usaha dan penyusunan harta serta kewajiban usaha. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan materi pelatihan, praktik penyusunan pengeluaran dan penerimaan kas, laporan laba-rugi, laporan perubahan modal dan laporan posisi keuangan yang dilakukan di ruang kelas MA Ma’arif Kota Gajah. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana edukasi pemahaman penyusunan laporan keuangan agar siswa-siswi sadar dengan pentingya pengelolaan keuangan. Hasilnya siswa-siswi MA Ma’arif menjadi lebih faham dengan teknis penyusunan laporan keuangan.

References

Andarsari, P. R., & Ningtyas, M. N. (2019). The Role of Financial Literacy on Financial Behavior. Jabe (Journal of Accounting and Business Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.26675/jabe.v4i1.8524

Carls.Warren, Reeve, J. M., E.Duchac, J., Wahyuni, E. T., & Yusuf, A. A. (2018). Pengantar Akuntansi1.

Adaptasi Indonesia Edisi 4 (4 ed.). Salemba Empat.

Fernandes, T. I. M. (2015). “ Financial Literacy Levels of Small Businesses Owners and it Correlation with Firms ’ Operating Performance ”. 64.

García-Pérez-de-Lema, D., Ruiz-Palomo, D., & Diéguez-Soto, J. (2021). Analysing the roles of CEO’s

financial literacy and financial constraints on Spanish SMEs technological innovation.

Technology in Society, 64(January). https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101519

Matewos, K. R., Navkiranjit, K. D., & Jasmindeep, K. (2016). Financial literacy for developing countries in Africa: A review of concept, significance and research opportunities. Journal of African Studies and Development, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.5897/jasd2015.0331

Mudzingiri, C., Muteba Mwamba, J. W., & Keyser, J. N. (2018). Financial behavior, confidence, risk preferences and financial literacy of university students. Cogent Economics and Finance, 6(1),

–25. https://doi.org/10.1080/23322039.2018.1512366

Musie, L. (2016). The use of financial literacy concepts by entrepreneurs in the small and medium enterprise sector in Mpumalanga Province, South Africa. November, 1–95.

OJK. (2020). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan, 378.

Pandey, A., & Gupta, R. (2018). Entrepreneur’s Performance and Financial Literacy – A Critical Review. International Journal of Management Studies, V(Special Issue 3), 01. https://doi.org/10.18843/ijms/v5is3/01

Suindari, N. M., & Juniariani, N. M. R. (2020). Pengelolaan Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Strategi Pemasaran Dalam Mengukur Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 148–154. https://doi.org/10.22225/kr.11.2.1423.148-154.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Rosmalasari, T. (2022). PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN UNTUK SISWA-SISWI MA MA’ARIF KOTA GAJAH. Journal of Empowerment Community, 4(1), 18–23. https://doi.org/10.36423/jec.v4i1.951

Issue

Section

Articles