WORKSHOP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SISWA SMK BIDANG DISAIN GRAFIS DAN JARINGAN MENUJUH ERA INDUSTRI 4.0

Authors

  • Rozali Toyib Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sastya Wibowo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muntahanah Muntahanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yulia Darnita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v4i2.988

Abstract

Permasalahan terbesar  SMK khusunya untuk siswa di daerah tingkat keterampilan/skill yang mereka belum begitu siap untuk memasuki dunia kerja atau kebutuhan dunia usaha dan belum adanya keselaran kurikulum yang ada disekolah dengan DUDI sehingga tamatan yang dihasilkan tidak bisa diserap oleh mereka tidak sama dengan kebutuhan dan kriteria yang ditentukan sehingga hampir sebagian besar tidak bisa diterima untuk bekerja akibatnya terjadi pengangguran yang masif seharusnya hal ini tidak terjadi. Solusi yang diberikan adalah mengadakan workshop yang berhubungan dengan keahlian yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja seperti kemampuan digital marketing, Copywriting, Packaging (Desain Kemasan Produk), pembuatan poster dan teknik jaringan yang menjadi trending dimasa covid 19 dengan pembelajaran daringnya. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah berjalan dengan baik dengan antusias para peserta mengiktuinya serta dapat dilaihat dari kerja yang mereka buat sesuai dengan program studi yang mereka pilih yang fokusnya ke disain grafis dan jaringan dan kendalah paling utama adalah masih kurangnya prangkat yang bisa digunakan mereka untuk mengaplikasikan pengetahuan yang didapat disebabkan  keterbatasan kemampuan orang tua meyediakan kebutuhan laptop dan kegiatan ini harus sering dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Kata kunci: siswa, keterampilan, dunia kerja, digital marketing.

References

Aditya, and AKI Syahwani. 2020. “Pelatihan Online Membuat Brosur Melalui Imooji Untuk Mendukung Promosi UMKM Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat 2(6):957–65.

Anindya, Widya Dara. 2021. “Strategi Menulis Teks Promosi ( Copywriting ) Di Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Onlineshop ( Copywriting Strategy on Instagram to Increase the Selling of Onlineshop ).” 5(2):148–55.

Dan, Kecil, Menengah Di, and Banyumas Dan. 2022. “Pelatihan Dan Pendampingan Copywriting Untuk Pelaku Usaha.” 3(1):33–39. doi: 10.31949/jb.v3i1.1832.

Ghufron, M. .. 2018. “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan.” Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 1(1):332–37.

Herawati, S., A. Parantika, and L. Afriza. 2020. “Pelatihan Packaging Produk Unggulan Masyarakat Desa Wisata.” JMM (Jurnal Masyarakat … 4(6):1040–48.

Irawan, Dwi, and Muhammad Wildan Affan. 2020. “Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang.” Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu) 1(1):32–36. doi: 10.22219/janayu.v1i1.11188.

Juariyah, and Faozen. 2021. “Branding, Packaging, Marketing Susu Kurma Di Kelompok Nasyiatul Aisyiyah Kebonsari Sumbersari Kabupaten Jember.” Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 21(2):165–70. doi: 10.24036/sb.01460.

Kulon, Tanggul, and Kecamatan Tanggul. 2022. “Program Pemberdayaan Digital Marketing Wirausaha UMKM Susu Sapi Segar Di Kabupaten Jember KKN BTV III UNIVERSITAS JEMBER.” 1(1).

Mohammad Imron, Dwi Krisbiantoro, and Primandani Arsi. 2021. “Peningkatan Kompetensi Bagi Siswa Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Jaringan Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 1 Karanglewas Purwokerto.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(3):545–51. doi: 10.31849/dinamisia.v5i3.3993.

Muhammad Yahya, H. 2018. “ERA INDUSTRI 4.0: TANTANGAN DAN PELUANG PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN INDONESIA Disampaikan Pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar Tanggal 14 Maret 2018.”

Mukhtar, Syukrianti. 2015. “PERANAN PACKAGING DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI TERHADAP KONSUMEN Syukrianti Mukhtar, Muchammad Nurif Abstrak.” Jurnal Sosial Humaniora 8(2):181–91.

Mukti, Yogi, and Okta Lesva. 2020. “Pelatihan Pembuatan Jaringan LAN Di SMK 1 PGRI Pagar Alam.” Ngabdimas 3(2):62–67. doi: 10.36050/ngabdimas.v3i2.272.

NAIMAH, RAHMATUL JANNATIN, MUHAMMAD WAHYU WARDHANA, RUDI HARYANTO, and AGUS PEBRIANTO. 2020. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2(2):39. doi: 10.31961/impact.v2i2.844.

Nirwana, Nihlatul Qudus Sukma, and Sarwendah Biduri. 2021. “Implementasi Digital Marketing Pada UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0 (Study Pada UMKM Di Kabupaten Sidoarjo).” BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal 18(1):29. doi: 10.30651/blc.v18i1.5720.

Pada, Umkm, Lapak Berkah, D. I. Desa Toyomarto, Kabupaten Malang, Ariadi Retno, Tri Hayati, Candra Bella Vista, Wilda Imama Sabilla, Habibie Ed, and Rosa Andrie Asmara. 2022. “WORKSHOP OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK PELAKU.” 5(1).

Pesoth, Mario Christo. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, Dan Brand Image Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill Di Kota Manado.” Jurnal EMBA 3(3):1101–12.

Purnomo, Nanto. 2021. “Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat 4(3):376–81. doi: 10.22437/jkam.v4i3.11307.

Purwana, Dedi, R. Rahmi, and Shandy Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1):1–17. doi: 10.21009/jpmm.001.1.01.

Sembiring, Muhammad Ardiansyah, Raja Tama, Andri Agus, Mustika Fitri, Larasati Sibuea, and Sistem Informasi. 2021. “Workshop Pengembangan Kreatifitas Siswa Melalui Multimedia Sosial Youtube.” 1(1).

Tangerang, Perhotelan D. I. 2021. “WORKSHOP PENGEMBANGAN SOFT-SKILLS BAGI SISWA VOKASI.” 4:825–33.

Tunjungsari, Hetty Karunia. 2021. “Program Pendampingan Kewirausahaan Bagi Ukm Day Tea Indonesia, Ciwidey, Kabupaten Bandung.” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 4(2):467–74. doi: 10.24912/jbmi.v4i2.12753.

Wahmuda, Faza, and Mochamad Junaidi Hidayat. 2020. “Redesain Logo Dan Media Promosi Sebagai Citra Produk Makanan Ringan Ukm Benok.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 6(02):147–59. doi: 10.33633/andharupa.v6i02.3307.

Wijaya, Ivena, and Diana Trivena Yulianti. 2022. “Pengerjaan Konten Digital Marketing Pada Startup Indoverge.” 4:159–64.

Yogantari, Made Vairagya. 2021. “Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Intensitas Brand Kedai Kopi Takeway Denpasar.” Jurnal Nawala Visual Volume 3,(1):8–16.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Toyib, R., Wibowo, S. ., Muntahanah, M., & Darnita, Y. (2022). WORKSHOP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SISWA SMK BIDANG DISAIN GRAFIS DAN JARINGAN MENUJUH ERA INDUSTRI 4.0. Journal of Empowerment Community, 4(2), 56–68. https://doi.org/10.36423/jec.v4i2.988