Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Rental Mobil Indocar Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.36423/index.v6i1.1698Abstract
CV. Indocar Putra Daerah atau yang biasa disebut Indocar adalah sebuah perusahaan rental mobil. Dengan menggunakan metode design thinking, Indocar saat ini sedang mengembangkan aplikasi mobile untuk penyewaan mobil untuk mencapai hasil desain UI dan UX yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam tahap desain, pendekatan yang dilakukan tidak hanya berfokus pada apa yang dilihat dan dirasakan oleh pengguna (user interface), tetapi juga pada pengalaman pengguna (user experience). Metode penelitian yang digunakan adalah strategi perpaduan, menyebarkan kuesioner, dan mencari informasi melalui buku atau jurnal yang berhubungan dengan eksplorasi. Pengujian kegunaan atau usability testing dilakukan untuk memahami bagaimana perjalanan dan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi yang telah dirancang. Dengan cara ini, dapat diketahui apakah aplikasi tersebut sudah berfungsi dengan baik dan efisien bagi pengguna atau belum. Untuk memperoleh hasil pengujian, digunakan platform Maze.co dengan hasil direct success rata-rata mendapatkan hasil 80-100% dari 1-6 pertanyaan dan hasil System Usability Scale (SUS) yang didapat dalam aplikasi penyewaan kendaraan ini menghasilkan skor SUS 85,9 skor tersebut mendapatkan hasil B dengan adjective ratings excellent.References
A. Feby Prasetya and U. Lestari Dewi Putri, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),” 2022.
D. Kelley and T. Brown, “Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” 2019, doi: 10.35138/organu.
F. Angellia, W. Cahya, ) Paulus, and J. Louis, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN MOBIL BERBASIS JAVA PADA RENTAL MOBIL XYZ 1),” 2020.
R. Subagia, “SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL BERBASIS WEB,” Jurnal Perangkat Lunak, vol. 02, no. 02, pp. 94–100, 2020.
R. Dam and T. Siang, “What is Design Thinking and Why Is It So Popular?,” 2019.
S. G. Jung, J. An, H. Kwak, M. Ahmad, L. Nielsen, and B. J. Jansen, “Persona generation from aggregated social media data,” in Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, Association for Computing Machinery, May 2019, pp. 1748–1755. doi: 10.1145/3027063.3053120.
B. Ferreira, G. Santos, and T. Conte, “Identifying possible requirements using personas: A qualitative study,” in ICEIS 2018 - Proceedings of the 19th International Conference on Enterprise Information Systems, SciTePress, 2019, pp. 64–75. doi: 10.5220/0006311600640075.
E. Susanti, E. Fatkhiyah, and E. Efendi, “PENGEMBANGAN UI/UX PADA APLIKASI M-VOTING MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Simposium Nasional RAPI XVIIII – 2019 FT UMS, pp. 364–370, 2019.
G. Nabila, S. Wahyuni, and Stephanie, MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas. 2022.
E. Susanti, E. Fatkhiyah, and E. Efendi, “PENGEMBANGAN UI/UX PADA APLIKASI M-VOTING MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Razif Raihan Maulana Raihan, Yusuf Sumaryana, Dede Syahrul Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.