MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM DI WILAYAH KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL BANDUNG MELALUI SOCIAL MEDIA ADS MENGGUNAKAN VIDEO PROMOSI

Authors

  • Nichi Hana Karlina Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Budiman Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Aggi Panigoro Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v5i2.1481

Abstract

Pengembangan sektor UMKM sangat penting dalam meningkatkan perekonomian, terutama di negara-negara berkembang. UMKM dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan sosial seperti kemiskinan dan pengangguran. Permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah adanya kendala dalam pemasaran. Pengelolaan pemasaran secara online sudah dilakukan, namun dalam hal teknis belum menggunakan teknik pemasaran yang sesuai dengan konsep digital marketing. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness dari UMKM dengan memanfaatkan media sosial dan video promosi sebagai alat yang efektif untuk memperkenalkan dan memasarkan produk dan layanan UMKM. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat terkait pendampingan pembuatan social media ads berupa video promosi akan dilakukan melalui pendekatan Metode Participatory Action Research (PAR) dan Asset-Based Community Development (ABCD). Dalam memastikan keberlanjutan program, tim melakukan koordinasi dan kunjungan untuk mendapatkan laporan dari para pelaku UMKM terkait dengan program yang diimplentasikan, melalui assessment dan monitoring berkala program yang sudah berjalan sehingga mampu mendorong pengembangan ekonomi lokal dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemberdayaan UMKM. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam brand awareness UMKM di wilayah tersebut, terutama melalui kampanye video promosi media sosial. Para UMKM yang telah dilibatkan dalam program mengalami peningkatan penjualan dan pendapatan, sehingga berdampak positif terhadap ekonomi lokal.

References

Achmad, Z. A., & Setiyanti, O. W. (2015). The Effectiveness Use of Soundcloud Application as Social Media for Promoting Pop Punk Indie Band. BISSTECH, 59–64.

Alamanda, A. R., Zusnita, W. O., & Salsabilla, Z. B. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Instagram Ads Pada Umkm Fashion Kota Bandung. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 5(2), 149–152. https://doi.org/10.30596/MANEGGIO.V5I2.11985

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing. Pearson UK.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (Paul R. (n.d.). Digital marketing excellence : planning, optimizing and integrating online marketing. Retrieved September 8, 2023, from https://www.routledge.com/Digital-Marketing-Excellence-Planning-Optimizing-and-Integrating-Online/Chaffey-Smith/p/book/9780367444754

DT Waluyo. (2021, March 14). Indonesia.go.id - Berkah Pandemi, UMKM semakin Go Digital. https://www.indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2597/berkah-pandemi-umkm-semaki

Farida, I., Hanum, N., Ardi, N., Mutoati, S., & Akuntansi Politeknik Harapan Bersama, P. (2022). Digital Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Konsumen UMKM di Kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 5(3), 472–477. https://doi.org/10.30591/JAPHB.V5I3.3752

Jannatin, R., Wardhana2, M. W., Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/IMPACT.V2I2.844

Kotler, P., & Keller, K. L. (n.d.). Marketing Management 15th. Ed. Global Edition. Pearson Education International.

Lusia Tria Hatmanti Hutami, O., Tri Inayah, D., Widya Utami, A., & Rantika Sari, A. (2021). EDUKASI STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN TIPS WIRAUSAHA PADA MASA PANDEMI DI DUSUN BUTUH, DESA CUCUKAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 297–302. https://doi.org/10.47492/EAMAL.V1I3.880

Priyatna, S. A. (2023). Strategi pemasaran UMKM dengan menggunakan Teknologi Informasi. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15903/Strategi-pemasaran-UMKM-dengan-menggunakan-Teknologi-Informasi.html.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Nichi Hana Karlina, Budiman, & Aggi Panigoro. (2024). MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM DI WILAYAH KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL BANDUNG MELALUI SOCIAL MEDIA ADS MENGGUNAKAN VIDEO PROMOSI. Journal of Empowerment Community, 5(2), 51–69. https://doi.org/10.36423/jec.v5i2.1481