MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM DI WILAYAH KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL BANDUNG MELALUI SOCIAL MEDIA ADS MENGGUNAKAN VIDEO PROMOSI
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v5i2.1481Abstrak
Pengembangan sektor UMKM sangat penting dalam meningkatkan perekonomian, terutama di negara-negara berkembang. UMKM dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan sosial seperti kemiskinan dan pengangguran. Permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah adanya kendala dalam pemasaran. Pengelolaan pemasaran secara online sudah dilakukan, namun dalam hal teknis belum menggunakan teknik pemasaran yang sesuai dengan konsep digital marketing. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness dari UMKM dengan memanfaatkan media sosial dan video promosi sebagai alat yang efektif untuk memperkenalkan dan memasarkan produk dan layanan UMKM. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat terkait pendampingan pembuatan social media ads berupa video promosi akan dilakukan melalui pendekatan Metode Participatory Action Research (PAR) dan Asset-Based Community Development (ABCD). Dalam memastikan keberlanjutan program, tim melakukan koordinasi dan kunjungan untuk mendapatkan laporan dari para pelaku UMKM terkait dengan program yang diimplentasikan, melalui assessment dan monitoring berkala program yang sudah berjalan sehingga mampu mendorong pengembangan ekonomi lokal dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemberdayaan UMKM. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam brand awareness UMKM di wilayah tersebut, terutama melalui kampanye video promosi media sosial. Para UMKM yang telah dilibatkan dalam program mengalami peningkatan penjualan dan pendapatan, sehingga berdampak positif terhadap ekonomi lokal.
Referensi
Achmad, Z. A., & Setiyanti, O. W. (2015). The Effectiveness Use of Soundcloud Application as Social Media for Promoting Pop Punk Indie Band. BISSTECH, 59–64.
Alamanda, A. R., Zusnita, W. O., & Salsabilla, Z. B. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Instagram Ads Pada Umkm Fashion Kota Bandung. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 5(2), 149–152. https://doi.org/10.30596/MANEGGIO.V5I2.11985
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing. Pearson UK.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (Paul R. (n.d.). Digital marketing excellence : planning, optimizing and integrating online marketing. Retrieved September 8, 2023, from https://www.routledge.com/Digital-Marketing-Excellence-Planning-Optimizing-and-Integrating-Online/Chaffey-Smith/p/book/9780367444754
DT Waluyo. (2021, March 14). Indonesia.go.id - Berkah Pandemi, UMKM semakin Go Digital. https://www.indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2597/berkah-pandemi-umkm-semaki
Farida, I., Hanum, N., Ardi, N., Mutoati, S., & Akuntansi Politeknik Harapan Bersama, P. (2022). Digital Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Konsumen UMKM di Kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 5(3), 472–477. https://doi.org/10.30591/JAPHB.V5I3.3752
Jannatin, R., Wardhana2, M. W., Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/IMPACT.V2I2.844
Kotler, P., & Keller, K. L. (n.d.). Marketing Management 15th. Ed. Global Edition. Pearson Education International.
Lusia Tria Hatmanti Hutami, O., Tri Inayah, D., Widya Utami, A., & Rantika Sari, A. (2021). EDUKASI STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN TIPS WIRAUSAHA PADA MASA PANDEMI DI DUSUN BUTUH, DESA CUCUKAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 297–302. https://doi.org/10.47492/EAMAL.V1I3.880
Priyatna, S. A. (2023). Strategi pemasaran UMKM dengan menggunakan Teknologi Informasi. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15903/Strategi-pemasaran-UMKM-dengan-menggunakan-Teknologi-Informasi.html.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.