PELATIHAN MANAJERIAL PENDIDIKAN NON FORMAL DAN PENYUSUNAN LESSON PLAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA BATU KARAS SURF CLUB ENGLISH COMMUNITY
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.687Keywords:
Batu Karas Surf Club English Community, Lesson Plan Bahasa Inggris, Pendidikan Non FormalAbstract
Batu Karas Surf Club English Community merupakan suatu komunitas yang didirikan oleh masyarakat yang memiliki hobi berolahrga surfing. Namun, komunitas ini bukan hanya wadah untuk menyalurkan olahraga surfing saja tetapi mereka sangat memperhatikan pendidikan disana. Melalui Batu Karas Surf Club English Community ini diharapkan dapat membantu membangun pendidikan khususnya pendidikan non formal, salah satunya yaitu dengan mendirikan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang lebih menekankan pada pembelajaran Bahasa Inggris. Untuk membantu tenaga pendidik dalam mengelola dan menciptakan pembelajaran yang baik tersebut, penulis bermaksud melakukan pengabdian dengan memberikan pelatihan manajerial pendidikan non formal dan penyusunan lesson plan pembelajaran bahasa inggris yang bertujuan untuk (1) Memberikan seminar atau workshop mengenai pengelolaan pendidikan non formal sehingga bisa berjalan dan terkordinir dengan baik, (2) Memberikan keterampilan nyata (pengalaman praktis) dalam membuat lesson plan Bahasa Inggris sehingga mutu pembelajaran dapat meningkat.References
Abdulhak, I. (2012). Penelitian tindakan dalam pendidikan non formal. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.
Bukhori, S. (2018). Potensi desa Batukaras sebagai desa wisatadi kabupaten Pangandaran. Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi S1. http://repository.upi.edu/45180/
Cameron, L. (2001. Teaching languages to young learners. Cambridge: Cambridge University Press.
Cicek, V. (2013). Effective use of lesson plans to enhance education. International Journal of Economy, Management and Social Sciences, 2(6), 334-341. https://www.academia.edu/35321177/journal_lesson_plan?auto=download
Falah, Y. (2016) . Inovasi pendidikan non formal. Yogyakarta : Graha Cendekia
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pelatihan
Kuntoro, S.A. (2006). Pendidikan nonformal (pnf) bagi pengembangan sosial. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 14-18
Linse, C.T. (2005). Young learners. New York: MGraw Hill.
Moon, J. (2000). Children language English. UK: MacMillan Heinemann.
Mooney, C. G. (2000). Theories of childhood. St. Paul: Redleaf Press.
Mukhidin, H., E. & Kustiawan, I. (2010). Sosialisasi keselamatan kerja elektronika rumah tangga di Desa Cisaat Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Artikel PKM Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UPI, Bandung.
Paul, D. (2003). Teaching English to children in Asia. Hong Kong: Pearson Education North Asia Limited.
Pinter, A. (2006). Teaching young language learners. Oxford: Oxford University Press.
Sudjana. (2001). Pendidikan nonformal: Wawasan, sejarah perkembangan falsafah & teori pendukung serta asas. Bandung: Falah Production
Sulfemi, W.B. (2018). Modul manajemen pendidikan formal. Prodi Administrasi Pendidikan STKIP Muhammadiyah Bogor.
www.radartasikmalaya.com. (2019). Batukaras favorit turis asing. 23 Agustus 2019.
www.pikiran-rakyat.com. (2019). Jumlah kunjungan wisata ke Pangandaran naik 100 persen lebih.
Wijoyo, H. & Indrawan, I. (2020). Pendidikan luar sekolah. Banyumas: Pena Persada. https://www.researchgate.net/publication/342067786
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.