PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI ACTIVE LEARNING BAGI SISWA-SISWI MA MA'ARIF 9 KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH

Authors

  • Berlinda Mandasari Universitas Teknokrat Indonesia
  • Dyah Aminatun Universitas Teknokrat Indonesia
  • Mutiara Ayu Universitas Teknokrat Indonesia
  • Intan Hamzah Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v4i2.950

Abstract

Pembelajaran aktif atau active learning merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mengajar bahasa Inggris karena sifat pembelajaran bahasa itu sendiri membutuhkan interaksi satu sama lain. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di MA Ma’arif 9 Kotagajah, Lampung Tengah bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para siswa di sekolah tersebut untuk belajar Bahasa Inggris secara aktif dan terlibat secara langsung dalam setiap aktifitas pembelajaran. Terdapat empat sesi dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu: 1) penyampaian materi dan motivasi belajar Bahasa Inggris, 2) tips and trik, serta best practice dalam belajar Bahasa Inggris, 3) penerapan active learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 4) motivasi lanjut studi setelah menguasai Bahasa Inggris. Hasil kegiatan ini menunjukan bahwa para siswa yang pada awalnya memiliki motivasi yang rendah dan persepsi kurang baik terhadap pelajaran Bahasa Inggris mengalami peningkatan motivasi belajar Bahasa Inggris setelah mengikuti kegiatan pendampingann pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini ditunjukan dengan respon positif siswa selama mengikuti kegiatan dan hasil kuesioner terkait persepsi siswa terhadap kegiatan. Kegiatan serupa sebagai kelanjutan proses pembelajaran juga diharapkan guna tercapai tujuan pembelajaran Bahasa Inggris secara menyeluruh. Kata kunci: active learning, Bahasa Inggris, pendampingan pembelajaran.

References

Amir, A., & Suryana, D. (2018). Active learning teaching and learning model of Entrepreneurship subject at English Education program of Indonesia University of Education. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 1-8.

Cosner, S. (2020). A Deeper Look into Next Generation Active Learning Designs for EducationalLeader Preparation. Journal of Research on Leadership Education, 15(3), 167– 172. https://doi.org/10.1177/1942775120936301

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2019). Program Pelatihan Penigkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280-285.

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). MASALAH YANG DIHADAPI PELAJAR BAHASA INGGRIS DALAM MEMAHAMI PELAJARAN BAHASA INGGRIS. DIALEKTIKA: JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA, 8(1), 30-41.

Huraiyah, H. (2020). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING. Jurnal Paedagogy, 2(2), 82-86.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Mandasari, B., Aminatun, D., Ayu, M., & Hamzah, I. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI ACTIVE LEARNING BAGI SISWA-SISWI MA MA’ARIF 9 KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH. Journal of Empowerment Community, 4(2), 46–55. https://doi.org/10.36423/jec.v4i2.950