PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN POSTER DENGAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SERTA GURU SMK NEGERI 1 BUNGO
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v6i1.1315Abstrak
Media pembelajaran membutuhkan kreativitas baik dari siswa maupun guru. sangat penting untuk dapat mengatur materi kelas yang menarik secara visual seperti presentasi, poster, kegiatan kelompok, materi kelas virtual seperti latar belakang Zoom atau Google Meet, dekorasi kelas, infografis, template video, dan materi lain yang memerlukan pelatihan khusus agar guru dan siswa dapat berdiskusi menggunakan Canva dalam pembuatan media pembelajar dan poster , menjadi kreatif dan mandiri secara artistik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan inovasi kepada siswa dan guru untuk menghasilkan desain grafis berkualitas tinggi dengan tenaga minimal, dan kurikulum Merdeka memasukkan elemen digitalisasi yang mendorong guru dan siswa lebih kreatif dalam mengajar melalui berbagai platform yang tersedia di dunia maya. dan kebutuhan belajar. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam kegiatan program PKM meliputi pelatihan pengembangan tentang media pembelajaran dan pembuatan poster menggunakan canva untuk siswa serta guru-guru. Kesimpulan : tingkat partisipasi guru dalam kegiatan tinggi , guru dapat dilatih untuk pelatihan, mereka dapat menggunakan sumber belajar selama pelatihan dalam kegiatan pengajaran dan pendidikan di sekolah, pelatihan berkelanjutan dengan topik masa depan saat ini diperlukan.
Kata Kunci: media pembelajaran, krativitas, poster, canva.
Referensi
Dwi Ardana, Meliana, Universitas PGRI Madiun Dian Permatasari Kusuma Dayu, and Universitas PGRI Madiun Dian Nur Antika Eky Hastuti. 2022. “Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3:407–19.
Efwinda, Shelly, Puardmi Damayanti, Octaviani Mutmainah, Rinilva Malisan, and Bening Anggraeni. 2022. “Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global Dalam Melatihkan Kreativitas Siswa.” 6(3):756–68.
Firmadani, Fifit. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2(1):93–97.
Hasan, Muhammad; Milawati; Darodjat; HarahapTuti Khairani; TahrimTasdin; 2021. Media Pembelajaran.
Hayes, C., H. Hardian, and T. Sumekar. 2017. “Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda.” Jurnal Kedokteran Diponegoro 6(2):402–16.
Mahardika, Andi Ichsan, Naruddin Wiranda, and Mitra Pramita. 2021. “Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 4(3):275–81.
Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8(2). doi: 10.21831/jpai.v8i2.949.
Poster, Pembuatan, M. I. Subulussalam, Pucangsimo Bandarkedungmulyo, Jombang Sujono, and Muhamad Khoirur Roziqin. 2020. “Pelatihan Dasar Desain Grafis (Corel Draw).” 1(1).
Resmini, Setya, Intan Satriani, and M. Rafi. 2021. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Abdimas Siliwangi 4(2):335–43.
Rusdiana, Riza Yuli, Widya Kristiyanti Putri, and Vega Kartika Sari. 2021. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso.” Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(3):209–13.
Sidharta, Arief. 2015. “Media Pembelajaran.” Journal Academia Accelerating the World’s Research 1:1–29.
suharto. 2012. “Pengembangan Materi Dan Kegiatan Pembelajaran Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bidang Seni Musik.” An-Nida’ 37(1):27–35.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.