PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI MEDIA MELALUI SOSIALISASI BIJAK BERMAIN GAME ONLINE UNTUK SISWA SDN BAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v6i2.1913Abstrak
Game Online merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi media siswa kelas 3-6 SD N Bawang melalui sosialisasi program Bijak Bermain Game Online. Metode yang digunakan adalah edukasi partisipatif, yakni siswa berperan aktif selama pembelajaran. Subjek penelitian berjumlah 47 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa pre-test dan post-test yang terdiri dari 8 pertanyaan pilihan ganda telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata post-test yang semula 57,83 menjadi 76,43 dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Hal ini menandakan bahwa sosialisasi program Bijak Bermain Game Online berhasil meningkatkan pemahaman literasi media siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan literasi media anak sekolah dasar.
Kata Kunci: Literasi Media, Permainan dalam Jaringan, Siswa SD, Sosialisasi.
Referensi
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Cetakan 1). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI.
Ahyati, Inayatul U., & Sya’rawi Huda. (2022). Etika Berinternet (Netiket) dalam Komunikasi Daring di Politeknik Negeri Banjarmasin. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 22(01).
Ambarwati, M., Nurhadi, & Rahman, A. (2022). Trash-Talking Pemain Mobile Legends: Bang Bang Mahasiswa FKIP UNS. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(3). https://doi.org/10.37329/ganaya.v5i3.1833
Dianah, H. S., Sukaesih, N. S., & Sejati, A. P. (2024). Gambaran Dampak Waktu Layar Terhadap Tidur Pada Remaja: Tinjauan Pelingkupan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 7(1), 180–190. https://doi.org/10.52774/jkfn.v7i1.166
Hati, F. S. (2023). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1). https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220
Ibrahim., dkk. (2022). Implementasi Pemberdayaan Melalui Budidaya Ikan Nila Melalui Ekstensif Plus Masa Pandemi Covid-19 di Pagesangan Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(1). https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/jppmi
Kusumastuti, F., dkk. (2021). Modul Etis Bermedia Digital. Jakarta: Kementrian Komunikasi dan Informatika.
Lebho, M. A., Lerik, M. D. Ch., Wijaya, R. P. C., & Littik, S. K. A. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3). https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i3.2232
Madigan, S., Browne, D., Racine, N., Mori, C., & Tough, S. (2019). Association between Screen Time and Children’s Performance on a Developmental Screening Test. JAMA Pediatrics, 173(3). https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2018.5056
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2). https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Okely, A. D., Kontsevaya, A., Ng, J., & Abdeta, C. (2021). 2020 WHO guidelines on physical activity and sedentary behavior. In Sports Medicine and Health Science (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.1016/j.smhs.2021.05.001
Riyanto, Y. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif Dan Kuantitatif. In Unesa University Press.
Saputra, M. (2022). Integrasi Kewarganegaraan Digital dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menumbuhkan Etika Berinternet (Netiket) di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(01). https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i01.13635
Suharsimi, A. (2020). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Vika Azkiya Dihni. (2022). Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia. Databoks.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.