PENGEMBANGAN BISNIS MIKRO MELALUI PENERAPAN DIGITAL: PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI SARANA PROMOSI EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v6i2.2091Abstrak
Pengembangan bisnis mikro melalui penerapan platform digital, dengan fokus pada penggunaan TikTok sebagai sarana promosi yang efektif. Kajian ini didasarkan pada kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen STISIP Bina Putera pada Kamis, 19 September 2024, di Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Peserta kegiatan sebanyak 45 orang, mayoritas ibu rumah tangga dengan usaha mikro seperti warung, pembuatan gorengan, dan makanan ringan. Desa ini juga merupakan salah satu lokasi sasaran program P2WKSS (Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera). Permasalahan utama yang dihadapi adalah penurunan penjualan akibat kondisi ekonomi di masa resesi. Melalui pendekatan dialog interaktif, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi praktis guna meningkatkan daya saing dan pendapatan usaha mikro melalui media digital.
Kata Kunci: Bisnis Mikro, Promosi Digital, TikTok, Usaha Mikro, Pemberdayaan Perempuan.
Referensi
Agusnawati, R., Nurfadillah, N., Wiradana, N., & Muktamar, A. (2024). Efektivitas Evaluasi Strategi dalam Manajemen Pengendalian Mutu Organisasi. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(1), 87–105.
Aziz, M. H., Puspitasari, P., & Noor, A. A. (2023). Penguatan Literasi Digital Menuju Society 5.0 Pada Ibu Rumah Tangga. Prosiding Seminar Nasional &Call for Paper" Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2024", 9(1), 18–29.
Erwin, E., Judijanto, L., Yuliasih, M., Nugroho, M. A., Amien, N. N., & Mauliansyah, F. (2024). Social Media Marketing Trends. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 291–298.
Frizawati, N., Trisakti, P., Romauli, J., & Nofirda, F. A. (2023). Analisis Pemanfaatan Tiktok dalam Meningkatkan Pendapatan Perekonomian UMKM di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30658–30667.
Kustanto, A. (2022). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai: Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif. Qistie, 15(1), 17–31.
Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195–202.
Noer, K. U. (2021). Empowerment of women as head of poor family through the P2WKSS program in Bekasi City. Community Empowerment, 6(5), 864–876.
Pitaloka, R. (2022). Acaman Resesi Ekonomi Global 2023.
Priyono, M. B., & Sari, D. P. (2023). Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 497–506.
Rosadian, A. (2023). Kolaborasi Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Kuliner di Kota Malang. Jurnal Pijar, 1(2), 191–199.
Subagyo, S., & Purnomo, H. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA E-MARKETING BARU OLEH PT MASBRO7. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 94–105.
Susanto, G., Leo, D., Evelyn, R., & Felicio, H. (2023). Pemanfaatan Algoritma Tiktok Dan Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 483–491.
Tabelessy, W., Pelupessy, M. M., Tehuayo, E., & Tubalawony, J. (2023). Upaya Transformasi Mindset: Promosi Konvensional Menuju Promosi Media Sosial Pada Komunitas Nen Dit Sakmas. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 215–221.
Yulistiawan, B. S., Hananto, B., PD, C. N., & Handayani, L. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dalam upaya meningkatkan daya jual produk UMKM. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 5(1), 141–149.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.