PENGEMBANGAN BISNIS MIKRO MELALUI PENERAPAN DIGITAL: PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI SARANA PROMOSI EFEKTIF

Penulis

  • Dara Siti Nurjanah STISIP Bina Putera Banjar
  • Dian Hadiani STISIP Bina Putera Banjar
  • Anwar Musadad STISIP Bina Putera Banjar
  • Riza Purnama STISIP Bina Putera Banjar

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v6i2.2091

Abstrak

Pengembangan bisnis mikro melalui penerapan platform digital, dengan fokus pada penggunaan TikTok sebagai sarana promosi yang efektif. Kajian ini didasarkan pada kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen STISIP Bina Putera pada Kamis, 19 September 2024, di Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Peserta kegiatan sebanyak 45 orang, mayoritas ibu rumah tangga dengan usaha mikro seperti warung, pembuatan gorengan, dan makanan ringan. Desa ini juga merupakan salah satu lokasi sasaran program P2WKSS (Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera). Permasalahan utama yang dihadapi adalah penurunan penjualan akibat kondisi ekonomi di masa resesi. Melalui pendekatan dialog interaktif, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi praktis guna meningkatkan daya saing dan pendapatan usaha mikro melalui media digital.

Kata Kunci: Bisnis Mikro, Promosi Digital, TikTok, Usaha Mikro, Pemberdayaan Perempuan.

Referensi

Agusnawati, R., Nurfadillah, N., Wiradana, N., & Muktamar, A. (2024). Efektivitas Evaluasi Strategi dalam Manajemen Pengendalian Mutu Organisasi. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(1), 87–105.

Aziz, M. H., Puspitasari, P., & Noor, A. A. (2023). Penguatan Literasi Digital Menuju Society 5.0 Pada Ibu Rumah Tangga. Prosiding Seminar Nasional &Call for Paper" Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2024", 9(1), 18–29.

Erwin, E., Judijanto, L., Yuliasih, M., Nugroho, M. A., Amien, N. N., & Mauliansyah, F. (2024). Social Media Marketing Trends. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 291–298.

Frizawati, N., Trisakti, P., Romauli, J., & Nofirda, F. A. (2023). Analisis Pemanfaatan Tiktok dalam Meningkatkan Pendapatan Perekonomian UMKM di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30658–30667.

Kustanto, A. (2022). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai: Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif. Qistie, 15(1), 17–31.

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195–202.

Noer, K. U. (2021). Empowerment of women as head of poor family through the P2WKSS program in Bekasi City. Community Empowerment, 6(5), 864–876.

Pitaloka, R. (2022). Acaman Resesi Ekonomi Global 2023.

Priyono, M. B., & Sari, D. P. (2023). Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 497–506.

Rosadian, A. (2023). Kolaborasi Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Kuliner di Kota Malang. Jurnal Pijar, 1(2), 191–199.

Subagyo, S., & Purnomo, H. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA E-MARKETING BARU OLEH PT MASBRO7. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 94–105.

Susanto, G., Leo, D., Evelyn, R., & Felicio, H. (2023). Pemanfaatan Algoritma Tiktok Dan Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 483–491.

Tabelessy, W., Pelupessy, M. M., Tehuayo, E., & Tubalawony, J. (2023). Upaya Transformasi Mindset: Promosi Konvensional Menuju Promosi Media Sosial Pada Komunitas Nen Dit Sakmas. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 215–221.

Yulistiawan, B. S., Hananto, B., PD, C. N., & Handayani, L. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dalam upaya meningkatkan daya jual produk UMKM. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 5(1), 141–149.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Dara Siti Nurjanah, Dian Hadiani, Anwar Musadad, & Riza Purnama. (2024). PENGEMBANGAN BISNIS MIKRO MELALUI PENERAPAN DIGITAL: PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI SARANA PROMOSI EFEKTIF. Journal of Empowerment Community, 6(2), 92–101. https://doi.org/10.36423/jec.v6i2.2091

Terbitan

Bagian

Articles