Pelatihan Analisis Tingkat Kesukaran Soal dan Daya Pembeda Soal untuk Identifikasi Kualitas Butir Soal Bagi Guru Di SMP Bahrul Ulum

Penulis

  • Zaini Zaini Sekolah Tinggi Teknologi Bontang
  • Rianindya Chandra Hardika Sekolah Tinggi Teknologi Bontang
  • Mohammad Ahmad Maidanul Abrori Sekolah Tinggi Teknologi Bontang
  • Fiky Anggara Sekolah Tinggi Teknologi Bontang

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v7i2.2449

Abstrak

Setiap guru memiliki data bank soal ujian dan rekam jejak jawaban siswa terhadap soal tersebut. Hasil penelusuran tim pengabdian di SMP Bahrul Ulum menunjukkan bahwa data rekam jejak jawaban siswa terhadap soal ujian dalam kondisi belum pernah dianalisis secara mendalam untuk mengevaluasi kualitas butir soal. Sebagai akibatnya guru mengalami kendala dalam menilai kualitas soal, sehingga guru belum dapat membedakan soal dengan kualitas yang baik dan soal yang perlu diperbaiki. Kegiatan pelatihan analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda soal bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan analisis butir setiap soal secara ilmiah dan sistematis. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi singkronisasi, penjadwalan, pelatihan, simulasi, praktek secara langsung untuk melakukan analisis butir soal, dan pengukuran tingkat kepuasan peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Adapun program yang digunakan pada kegiatan ini adalah pemanfaatan program microsoft excel dan google sheets yang bisa diakses menggunakan jaringan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru sangat antusias mengikuti kegiatan dengan capaian tingkat kepuasan mencapai 95%, kegiatan simulasi yang diikuti oleh guru mencapai 90% tanpa kendala, dan 95% guru mampu melakukan praktek perhitungan dengan excell secara baik dan benar. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, guru telah memiliki bank soal secara valid dan sahih yang teruji akan kualitas soal dengan didukung data analisis butir soal.

Referensi

Basri, M. B., Sultan, S., Rapi, M., & ... (2025). Meningkatkan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran melalui Pelatihan Analisis Butir Soal bagi Mahasiswa Calon Guru. MALLOMO: Journal of Community Service, 5(2), 633–639.

Botterman, L., De Cock, I., Blot, S. I., & Labeau, S. O. (2022). A knowledge test on pressure injury in adult intensive care patients: Development, validation, and item analysis. Journal of Tissue Viability, 31(4), 718–725. https://doi.org/10.1016/j.jtv.2022.08.007

Kaka, L., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2024). Efektivitas Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Menggunakan Aplikasi Anates Di Smpn 2 Kanatang. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(9), 1441–1450.

Diterbitkan

2025-10-30

Cara Mengutip

Zaini, Z., Hardika, R. C., Abrori, M. A. M., & Anggara, F. (2025). Pelatihan Analisis Tingkat Kesukaran Soal dan Daya Pembeda Soal untuk Identifikasi Kualitas Butir Soal Bagi Guru Di SMP Bahrul Ulum. Journal of Empowerment Community, 7(2), 79–87. https://doi.org/10.36423/jec.v7i2.2449

Terbitan

Bagian

Articles