Pelatihan Analisis Tingkat Kesukaran Soal dan Daya Pembeda Soal untuk Identifikasi Kualitas Butir Soal Bagi Guru Di SMP Bahrul Ulum
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v7i2.2449Abstrak
Setiap guru memiliki data bank soal ujian dan rekam jejak jawaban siswa terhadap soal tersebut. Hasil penelusuran tim pengabdian di SMP Bahrul Ulum menunjukkan bahwa data rekam jejak jawaban siswa terhadap soal ujian dalam kondisi belum pernah dianalisis secara mendalam untuk mengevaluasi kualitas butir soal. Sebagai akibatnya guru mengalami kendala dalam menilai kualitas soal, sehingga guru belum dapat membedakan soal dengan kualitas yang baik dan soal yang perlu diperbaiki. Kegiatan pelatihan analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda soal bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan analisis butir setiap soal secara ilmiah dan sistematis. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi singkronisasi, penjadwalan, pelatihan, simulasi, praktek secara langsung untuk melakukan analisis butir soal, dan pengukuran tingkat kepuasan peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Adapun program yang digunakan pada kegiatan ini adalah pemanfaatan program microsoft excel dan google sheets yang bisa diakses menggunakan jaringan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru sangat antusias mengikuti kegiatan dengan capaian tingkat kepuasan mencapai 95%, kegiatan simulasi yang diikuti oleh guru mencapai 90% tanpa kendala, dan 95% guru mampu melakukan praktek perhitungan dengan excell secara baik dan benar. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, guru telah memiliki bank soal secara valid dan sahih yang teruji akan kualitas soal dengan didukung data analisis butir soal.
Referensi
Basri, M. B., Sultan, S., Rapi, M., & ... (2025). Meningkatkan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran melalui Pelatihan Analisis Butir Soal bagi Mahasiswa Calon Guru. MALLOMO: Journal of Community Service, 5(2), 633–639.
Botterman, L., De Cock, I., Blot, S. I., & Labeau, S. O. (2022). A knowledge test on pressure injury in adult intensive care patients: Development, validation, and item analysis. Journal of Tissue Viability, 31(4), 718–725. https://doi.org/10.1016/j.jtv.2022.08.007
Kaka, L., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2024). Efektivitas Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Menggunakan Aplikasi Anates Di Smpn 2 Kanatang. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(9), 1441–1450.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
 
						



