PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH MENGGUNAKAN PENDAMPING AN TERSTRUKTUR KEPADA GURU SDLB di SLB RAFAHA

Authors

  • sylvia Rabbani IKIP SILIWANGI
  • Duhita Savira Wardani Duhita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.678

Keywords:

karya tulis ilmiah, Pendampingan terstruktur, guru SDLB SLB Rafaha.

Abstract

Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu proses pengabdian yang inovatif melalui pendampingan bagi guru-guru SDLB dalam upaya meningkatkan kemampuan guru dalam membuat karya tulis ilmiah di SLB Rafaha melalui pendampingan terstruktur. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan pemahaman dan penyusunan karya tulis ilmiah seperti PTK dan Artikel ilmiah. (2). Meningkatkan minat dan motivasi dalam penyusunan karya tulis ilmiah guru SDLB untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode pelaksanaan dalam pencapaian tujuan tersebut sebagai berikut: (a). perizinan terhadap Dinas setempat terkait pengabdian terhadap guru-guru SD; (b). Memberikan gambaran umum mengenai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (c). Melakukan refleksi dan diskusi mengenai berbagai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (d). Melakukan kolaborasi dengan ahli dalam menyusun karya tulis ilmiah seperti reviewer jurnal ilmiah, (e). Pelaksanaan kegiatan pendampingan ; (f). Evaluasi kegiatan pendampingan, (f) Penarikan kesimpulan pelaksanaan pendampingan, dan (g) Publikasi luaran pengabdian.

References

Abdul, S., & Muhammad, I. B. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Stkip Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39–43.

Anggraeni, R. (2012). Stres dan Coping dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah pada Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi Thesis, STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta., 1–10.

Annisa, M., Hamid, H., & -, K. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Wilayah Pedalaman. Jurnal Widya Laksana, 5(2), 81. https://doi.org/10.23887/jwl.v5i2.9054

Fitri, R. N., & Prasetyawan, Y. Y. (2020). Literasi informasi generasi x, y, dan z dalam penyusunan karya tulis ilmiah Universitas Diponegoro. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1), 21. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i1.23233

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2018). Pembelajaran Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 99. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.509

Rabbani, S., Pebriana, R., & Muftianti, A. (2018). Improving the Ability of Private School Teachers in Making ScPebriana, R., Rabbani, S., & Muftianti, A. (2018). IMPROVING THE ABILITY OF PRIVATE SCHOOL TEACHERS IN MAKING SCIENTIFIC WRITING THROUGH. 2(2), 115–121.ientific Writing Through Structured Assist. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(2), 117. https://doi.org/10.22460/pej.v2i2.1062

Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (n.d.). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 3(2), 199–203.

Setiawan, E. P., & Ismurjanti, I. (2018). Penggunaan Internet sebagai sumber informasi dalam penyusunan karya ilmiah Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 169–182. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.18590

Supriyanto, W., & Iswandari, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79. https://doi.org/10.22146/bip.26074

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22, 33–40.

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Rabbani, sylvia, & Duhita, D. S. W. (2021). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH MENGGUNAKAN PENDAMPING AN TERSTRUKTUR KEPADA GURU SDLB di SLB RAFAHA. Journal of Empowerment Community, 3(2), 63–69. https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.678