ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS 1 (STUDI KASUS SDN 25 BARINGIN)
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i1.1185Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar berhitung matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penenlitian ini adalah guru kelas 1 SD, Jumlah siswa yaitu 18 orang, teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian yaitu peneliti sendiri, namun dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan alat bantu berupa kamera, wawancara dan catatan lapangan. Penenliti melalukan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data menggunakan model miles dan huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data. Display data, dan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan teknik tringualasi. Hasil penelitian adalah SIswa kesulitan belajar berhitung dalam penambahan dan pengurangan.
References
Anastasha, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas V berdasarkan Jenis Kelamin di SD Negeri Kota Padang. 8(1), 1–14.
Chusna, F. A. (2016). UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANGENREJO KECAMATAN PURWOREJO, KABUPATEN PURWOREJO. September.
Lestari, D. P. (2012). DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR PADA OPERASI PENJUMLAHAN DENGAN TEKNIK MENYIMPAN SISWA KELAS I SD N 3 PANJER KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2011/2012. 0287.
Maflikha, & Eha. (2020). Media Pembelajaran Berhitung Kelas 1 SD. 3(3), 2276–2282.
Mahardika, C. (2020). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas i sdn banyuajuh 9. 1.
MaratusSholikah, N. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 03 MAKAMHAJI SUKOHARJO.
Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14.
Raharjo, I., Fita, M., & Untari, A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. 4(1).
Ratu, H., Negara, P., & Rachman, D. F. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas I SD Melalui Bimbingan Operesi Penjumlahan dan Pengurangan Matematika. 1(2), 67–77.
Rosanti, A., Tahir, M., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1490–1495. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.812
Safrizal. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 2626–2634.
Suwarto, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 285–294. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.357
Yufi Latmini Lasari. (2022). Studens Mathematical Problem Solving Ability in Elementary School : The Effect of Guided Discovery Learning. 2, 49–57. https://doi.org/10.31958/jies.v2i2.5592
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.