MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW

Authors

  • Istiana Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Rizki Hadiwijaya Univeritas Perjuangan Tasikmalaya
  • Hatma Heris Mahendra Univeritas Perjuangan Tasikmalaya

Keywords:

keaktifan belajar, model pembelajaran jigsaw, siswa kelas V

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perenancanaan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw, kemudian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran PKn di kelas VA, dan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksankan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Lengkong yang memiliki jumlah sebanyak 35 siswa dengan jumlah laki-laki 18 siswa dan perempuan 17 siswa. Objek penelitian ini yaitu meningkatkan keaktifan belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw untuk pembelajaran PKn materi hak, kewajiban dan tanggungjawab. Data keaktifan belajar siswa diperoleh dari lembar observasi yang telah di buat oleh peneliti. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw mengalami peningkatan, dengan kondisi awal yaitu 37% meningkat pada siklus I menjadi 74% dan pada siklus II yaitu 88%. Kesimpulan penelitian yang dilakukan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw dapat meningkatkan belajar pada siswa kelas VA di SD Negeri Lengkong pada mata pelajaran PKn materi hak, kewajiban dan tanggungjawab.

References

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106.

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Astraguna, I. W., Dyatmika, G. E. P., & Saridewi, D. P. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA Oleh. MEDIA BINA ILMIAH, 14(8), 3027–3034.

Daryanto, K., & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Elga, A. (2014). Cómo desacordar el desacuerdo1. Explorando El Desacuerdo, 67.

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 519–526.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10–23.

Riswani, E. F., & Widayati, A. (2012). Model active learning dengan teknik learning starts with a question dalam peningkatan keaktifan peserta didik pada pembelajaran Akuntansi kelas XI ilmu sosial 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).

Rosida, R., Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1).

Sudjana, N. (2010). Teaching and learning outcomes assessment. Bandung: Youth Rosdakarya.

Uno, H. B., & Koni, S. (2012). Assessment pembelajaran.

Yusiyaka, R. A. (2016). Penilaian (Evaluating) Pada Program Pendidikan Luar Sekolah. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 49.

Downloads

Published

2024-04-08 — Updated on 2024-04-19

Versions

How to Cite

Mahmudah, I., Hadiwijaya Zulkarnaen, R., & Heris Mahendra, H. (2024). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 2(2), 46–56. Retrieved from https://e-journal.unper.ac.id/index.php/piwuruk/article/view/1616 (Original work published April 8, 2024)