KORELASI KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 02 SITIUNG

Authors

  • Adek Agustin Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Masril Masril Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2144

Abstract

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah terdapat siswa yang suka bermain game online. Hal ini menyebabkan siswa kurang konsentrasi dan sering terlambat mengerjakan tugas. Karna itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang hubungan kecanduan game online dengan minat belajar siswa di SDN 02 Sitiung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan kecanduan game online dengan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 56 orang siswa yang terdiri dari 3 kelas, kelas IV, V, dan VI. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert untuk memperoleh data yang dibutuhkan tentang kecanduan game online dan minat belajar siswa. Analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menggambarkan terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online dengan minat belajar siswa di SD N 02 Sitiung. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi bahwa rhitung 0,351 lebih besar dari rtabel 0,264. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini berarti kecanduan game online berkorelasi positif dengan minat belajar siswa.

Kata Kunci: kecanduan game online, minat belajar siswa.  

References

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. In CV. Pusdikra MJ.

Birri, M. B., Muhajir, M., & Listyarini, I. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 11 Semarang. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(2), 239–243. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/index

Dhea Fatmawati, Mislinawati, F. (2024). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 4 Banda Aceh. Elementary Education Research.

Hasmi, F., Muzakkir, & Haska, Y. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Menurunnya Tingkat Minat belajar dan kesehatan pada pelajar. Jurnal.Stikesnh.Ac.Id,

Johan, R. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas X Di Ma Al Hidayah Depok. Research and Development Journal of Education, 5(2), 12. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i2.3748

Rahman, A. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SD Negeri 2 Serigeni.

Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1, 89.

Siagian, E. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Minat Belajar Anak Usia Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(4), 7593–7599. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3090

Slameto(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Agustin, A., & Masril, M. (2024). KORELASI KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 02 SITIUNG . PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 4(1), 20–31. https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2144