MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

Authors

  • Asty Widiastuti SD Negeri Cilingga

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2317

Abstract

Hakikat dari pembelajaran PKn di Sekolah Dasar yaitu terbentuknya warga negara yang bertanggung jawab, serta mampu menerapkan hak dan kewajiban baik sebagai warga negara, anggota keluarga, anggota masyarakat dan warga sekolah. Materi PKn selama ini masih banyak mengalami kendala dalam pelaksanaaanya. Hal tersebut dapat terlihat dari kurang semangatnya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Data awal yang diperoleh peneliti di SDN Cilingga sebanyak 19 orang atau 73,07% peserta didik belum mencapai KKM dalam materi hak dan kewajiban. Salah satu yang diyakini mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran. Pada penelitian ini, model pembelajaran yang digunakan yaitu model Talking Stick. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan instrument penelitian meliputi wawancara, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase ketuntasan pemahaman peserta didik pada kegiatan pra siklus 26,92 % (Sangat kurang), siklus I 53,85% (Baik), dan siklus II sebesar 84,62% (Sangat Baik). Lalu perbandingan rata-rata yaitu pada pra siklus mendapatkan nilai 62,30 (Baik), siklus I mendapat nilai 70,38 (Baik), dan siklus II mendapat nilai rata-rata 77,31 (Baik).

Kata Kunci: Talking Stick; Hasil Belajar.  

References

A.Ubaedillah & Abdul Rozak. (2013). Pendidikan Kewarga[negara]an (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani Edisi Revisi. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah Jakarta & Prenada Media Group.

Agus Suprijono. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Arikunto, Suharsimi. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasjmy, M. A., & Salimi, A. (2014). Pengaruh Kooperatif Teknik Talking Stick Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9).

Kristanti, H. S. (2018). Peningkatan Kecakapan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 6 dengan Talking Stick Berbantuan Salindia. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 293-301.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 36-40.

Pratama, F. F., & Mutia, D. (2020). Paradigma Kualitatif sebagai Landasan Berpikir Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 17(1), 51-64.

Suprijono, Agus. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Widiastuti, A. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 4(1), 32–42. https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2317