ANALISIS KESIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SD NEGERI SUKASIRNA
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2327Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan “kondisi proses pelaksanaan pembelajaran di Indonesia, pemerintah melalui “Surat Keputusan Bersama nomor 03 tahun 2020”, “menimbang untuk melaksanakan proses pembelajaran tatap muka pada awal tahun 2021”. Maka beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat serta SD Negeri Sukasirna sebelum melaksanakan pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesiapan pembelajaran tatap muka di SD Negeri Sukasirna. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif analisis atau survey. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa: 1) Sarana prasarana sebagai aspek infrastruktur berkaitan dengan kesiapan pembelajaran tatap muka sudah lengkap. 2) Guru mesosialisasikan pencegahan Covid-19 dengan cara peserta didik untuk melakukan kebiasaan melakukan protokol kesehatan. 3) Peserta didik sudah siap dan senang dalam pembelajaran tatap muka. 4) Orang tua memberikan dukungan kepada sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa kesiapan pembelajaran tatap muka di SD Negeri Sukasirna sudah siap dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Kata Kunci: Kesiapan, Pembelajaran, Tatap Muka, Sekolah Dasar.
References
Abdul, Majid. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Bilfaqih, Y. (2012). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Hadi, N., & Nur, I. (2013). Tingkat Kesiapan (Readiness) Implementasi E-learning di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta. Yogyakarta.
Lexy J. Moleong, (2014), Metodologi Pendidikan Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). SE Kemdikbud Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona di Kemendikbud.pdf - Google Drive. Dikutip pada November 24, 2020, dari Surat Edaran Mendikbud Nomor 2 Tahun 2020 | GTKDIKMENDIKSUS2020:https://drive.google.com/file/d/1DcuNggz4REcY_xGkLscfQEFF6KZsgTgL/view
Rusman, (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. (2012), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.