ANALISIS KESIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SD NEGERI SUKASIRNA

Authors

  • Sri Fenty Aiyana Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Dudung Suryana Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Riga Zahara Nurani Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2327

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan “kondisi proses pelaksanaan pembelajaran di Indonesia, pemerintah melalui “Surat Keputusan Bersama nomor 03 tahun 2020”, “menimbang untuk melaksanakan proses pembelajaran tatap muka pada awal tahun 2021”. Maka beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat serta SD Negeri Sukasirna sebelum melaksanakan pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesiapan pembelajaran tatap muka di SD Negeri Sukasirna. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif analisis atau survey. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa: 1) Sarana prasarana sebagai aspek infrastruktur berkaitan dengan kesiapan pembelajaran tatap muka sudah lengkap. 2) Guru mesosialisasikan pencegahan Covid-19 dengan cara peserta didik untuk melakukan kebiasaan melakukan protokol kesehatan. 3) Peserta didik sudah siap dan senang dalam pembelajaran tatap muka. 4) Orang tua memberikan dukungan kepada sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa kesiapan pembelajaran tatap muka di SD Negeri Sukasirna sudah siap dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kata Kunci: Kesiapan, Pembelajaran, Tatap Muka, Sekolah Dasar.  

References

Abdul, Majid. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bilfaqih, Y. (2012). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Hadi, N., & Nur, I. (2013). Tingkat Kesiapan (Readiness) Implementasi E-learning di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta. Yogyakarta.

Lexy J. Moleong, (2014), Metodologi Pendidikan Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). SE Kemdikbud Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona di Kemendikbud.pdf - Google Drive. Dikutip pada November 24, 2020, dari Surat Edaran Mendikbud Nomor 2 Tahun 2020 | GTKDIKMENDIKSUS2020:https://drive.google.com/file/d/1DcuNggz4REcY_xGkLscfQEFF6KZsgTgL/view

Rusman, (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2012), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Fenty Aiyana, S., Dudung Suryana, & Riga Zahara Nurani. (2024). ANALISIS KESIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SD NEGERI SUKASIRNA . PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 4(1), 43–56. https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2327