PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN PADA HEWAN
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i1.2329Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar siswa Kelas VI SDN Nangoh Kabupaten Tasikmalaya yang belum optimal dan dapat terlihat dari rata-rata ulangan harian pra tindakan yaitu 60,9 hal ini yang menyebabkan penulis mengembangkan pembelajaran IPA pada materi perkembangbiakan pada hewan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran NHT menitik beratkan pada pembelajaran berkelompok secara heterogen dan guru dapat menunjuk siswa secara acak sehingga dalam diskusi kelompok siswa berpartisipasi aktif. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan terdapat peningkatan dari setiap siklusnya terbukti dengan hasil belajar siswa di Siklus I dengan rata – rata 70,6 dan pada Siklus II rata-rata hasil belajar siswa yaitu 85,5. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangbiakan pada hewan di Kelas VI SDN Nangoh, Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya.
Kata Kunci: Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA.
References
Arikunto, S. 2009. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rinneka Cipta.
Abdul, Majid. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Interas Media: Bandung.
Dadang, Ade TW. 2018. Pelatihan Revitalisasi KKG Melalui PKB Kurikulum 2013 Revisi: Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya.
Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Lie, Anita. 2007.COOPERATIVE LEARNING Mempraktekkan Cooperative Learning Diruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan dan Penjamin Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013: PPPPTK BMTI. Bandung
Pratiwi, Indah. 2013. Meningkatkan hasil Belajar Siswa Dengan Model NHT pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN NO. 104214 Delitu Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi, UNIMED.
Rosidah, Eros. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT untuk meningkatkan Pemahaman Hasil Belajar siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Bumi dan Peristiwa Alam Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Tobroni, Muhammmad & Arif Mustopa. 2011. Belajar dan Pembelajaran dalam Pengembangan Wacana dan Praktek Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional : AR- RUZZ MEDIA. Depok.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.