PENGGUNAAN METODE SQ4R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 2 CIGUNUNG
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i1.2331Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan metode SQ4R dalam peningkatan kemampuan membaca siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 2 Cigunung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik V SD Negeri 2 Cigunung yang diambil berdasarkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 13 responden (52%) dengan kategori sedang (belum memiliki/belum tuntas) dan sebanyak 12 responden (48%) kategori tinggi (sudah memiliki/sudah tuntas), setelah tindakan teknik SQ4R didapatkan sebanyak 25 responden (100%) dalam kategori tuntas (rata-rata skor 77, dengan nilai KKM 70) bahwa pada data temuan hasil penelitian tindakan kelas diketahui penggunaan metode SQ4R (survey, question, read, reflect, recite, review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 2 Cigunung Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya
Kata Kunci: metode SQ4R,Kemampuan membaca pemahaman.
References
Adilang, Jecky Hadrian. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Record, Recite And Review) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Respiratory International Education. Vol. 1(1).
Andiriyanto, Ach. 2017. Penggunaan Metode Membaca SQ4R Untuk Meningkatkan Reading Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No.19 Tahun 2017.
Anni, Catharina Tri. 2004. Psilologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:PT.Rineka Cipta.
Arikunto. 2012. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta. Arhasy, Ebih. 2015. Kontribusi Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknik SQ4R Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Siliwangi Vol. 1. No.1. Nov. 2015 ISSN 2476-9312 Seri Pendidikan.
Artu, Nurdia. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 2ISSN 2354-614X.
Azhar, Iqbal. 2018. Five Possible Methods In Teaching Reading. https://pusatbahasaalazhar.wordpress.com/persembahan-buat-guru/five- possible-methods-in-teaching-reading/
Burhan, A.V., Suherman dan Mirna. 2014. Penerapan Model Pembelajaran SQ4R pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 (1): 6-11.
Dalman, 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Dibia, K., Sudarma, K., Gunarsa, D. M. 2018. Pengaruh Strategi SQ4R Berbantuan Satua Bali Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. e- Journal PGSD, 6 (1), 10-19.
Dimyati. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dirawati, Sri. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerita Sejarah Menggunakan Metode Membaca SQ4R Pada Siswa Kelas XII Listrik D SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Program Pasca Sarjana
Efendi, Dedah Jubaedah. 2016. Pengaruh Metode SQ4R Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Berita. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/26791/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.