PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DAN LURING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS RENDAH SDN 2 CIKALONG
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i1.2332Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam melaksanakan pembelajaran daring dan luring di kelas rendah SDN 2 Cikalong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam kegiatan pembelajaran selama masa pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki beberapa peran penting, yaitu: (1) sebagai pembimbing, guru membantu siswa memahami materi dan mengatasi hambatan belajar; (2) sebagai sumber belajar, guru menyediakan informasi, media, metode, serta sumber belajar lain seperti buku dan bahan pendukung; (3) sebagai fasilitator, guru menggunakan metode yang sesuai agar siswa mudah memahami materi; (4) sebagai motivator, guru menumbuhkan semangat belajar siswa; (5) sebagai pengajar, guru menekankan pada penyampaian tugas dan menjalin komunikasi yang baik dengan siswa; dan (6) sebagai evaluator, guru mengumpulkan data untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa serta melakukan perbaikan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru telah menjalankan perannya dengan baik dalam melaksanakan pembelajaran daring dan luring pada siswa kelas rendah SDN 2 Cikalong.
Kata Kunci: Peran Guru, Melaksanakan Pembelajaran, Pembelajaran Daring dan Luring.
References
Djaswadi. (2021). “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SD Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Semester 1 tahun ajaran 2020/2021”. Jurnal Of Industrial Engineering & Management Research.Vol 2. No. 1. ISSN 2722-8878.
Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara
Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 12(2), 154- 159.
Linda, Rizky F. C & Ngazizzah, Nur. (2021). Kompetensi Guru Terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan. 5(1). 58-74.
Magdalena, Ina. Oktania, Alifah & Milawati. S. S. (2020). Upaya Pembelajaran yang Menarik Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di SD Islam Al-Fattaah. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3). 304-322.
Pratama, R. W & Mulyati, Sri. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal: Gagasan Pendidikan Indonesia. 1(2). 49-59.
Rohmawati,Afifatu.2013.Efekti itas Pembelajaran. Jakarta:Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 9 Edisi 1.
Sadaniah, S.Rahman, D. F & Khozanatu., Siti (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid-19. Edunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(1). 43-54.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wahyu Aji Fatma Dewi (2020), Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran daring di sekolah dasar, Edukatif : jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April 2021 p- ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071
Yestiani, D. K & Zahwa, Nabila. (2020). Peran Guru pada Pembelajaran Siswa Dasar. Fondatita: Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1). 41-47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.