MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA MELALUI METODE BERMAIN KARTU PADA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i2.2413Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan metode bermain kartu kelas V SD Negeri 4 Karangnunggal. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK model Kemiss dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan.pengamatan dan refleksi. Lembar rencana pelaksanaan pembelajar pembelajaran, lembar observasi guru dan siswa, untuk hasil belajar menggunakan tes dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik di kelas V di SD Negeri 4 Karangnunggal dengan jumlah 19. Hasil nilai rata-rata belajar IPA Pra tindakan (61,05) siklus I (68,15) dan siklus II (73,68). Hasil belajar IPA Pra tindakan 4 Peserta didik (21%) yang tuntas dan 15 peserta didik (79%) tidak tuntas KKM dengan perolehan rata-rata 61,05. Hasil meningkatkan belajar IPA pada siklus I terdapat 10 peserta didik(52,6)% yang tuntas dan 9 peserta didik (47,3%) tidak tuntas KKM dengan perolehan rata-rata 68,15. Siklus II terdapat 16 peserta didik (84,2%) yang tuntas dan 3 peserta didik (15,8%) yang tidak tuntas KKM dengan rata-rata 73,15. Dengan demikian terjadi peningkat dengan setiap siklus (31,6%) dengan metode bermain kartu.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Bermain Kartu
References
Gunawan, 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Melalui Implementasi Teknik Mind Mapping Di Sekolah Dasar. Universitas pendidikan Indonesia
Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Vol 2(1) : 90-98
Oemar,H, 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Oktavia P, 2021. Upaya Peningkatan Manari ( Tari Kijang) Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN Ciwalang. Skripsi. Universitas Perjuangan . Tasikmalaya
Rismurdiyati, R. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Media Pembelajaran Berupa Charta Untuk Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia, Siswa Kelas Viii-3 Smpn 270 Jakarta. Formatif, 2(3), 234873.
Susanto, 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada Media Group
Yogaswara, 2016. Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SD/D Pada pembelajaran IPA. Universitas Pendidikan Indonesia
Nurjamin, A. 2011. Tipe Isi dan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Buku Ajar SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20 (1):48-54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.