PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEDANI BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v2i1.841Abstract
Pengembangan dan penelitian ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran dan mengetahui keefektifannya. Pengembangan media ini disebut media pembelajaran Pedani (penyajian data berwarna) dengan bantuan macromedia flash 8. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cibanjaran Kota Tasikmalaya dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 31 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan ini berupa produk media pembelajaran yang disebut pedani (penyajian data berwarna) berbantuan macromedia flash 8 pada materi penyajian data. Pengembangan media pembelajaran berbantuan macromedia flash 8 ini memenuhi kriteria valid. Hasil penelitian ini menunjukkan perubahan yang signifikan, hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest yaitu 88,06 > 58,22. Untuk mengukur keefektifan media pembelajaran menggunakan N-Gain, hasil N-Gain diperoleh tingkat keefektifan 0,69 dapat dikategorikan ‘'Sedang'’. Berdasarkan hasil analisis menggunakan statistik Paired Sample T-Test diperoleh t_hitung sebesar 15,012 dengan df 30 sehingga t_tabel sebesar 2,042 dengan taraf signifikan 0,05, sehingga t_hitung > t_tabel atau 15,012 > 2,042. Dengan demikian disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya media pembelajaran berbantuan macromedia flash 8 efektif digunakan dalam materi penyajian data di kelas IV SDN Cibanjaran.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.