PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATHEMATIC HOUSE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM MUTIARA SAHARA
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i1.842Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mathematic house terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar Islam Mutiara Sahara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Islam Mutiara Sahara. Sampel dalam penelitian ini adalah IV A yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV B yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik probability Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang dapat memberikan peluang yang sama bagi setiap populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilaksanakan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, data yang diperoleh dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen dengan taraf signifikansi normalitas data 0,200 > 0,05, dan taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0,975 > 0,05. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample Test (Uji-t). Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran mathematic house berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas IV SD Islam Mutiara Sahara.
References
Amir MZ, Zubaidah. 2013. Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah Vol. XII No. 1.
Bungin, Burhan. 2018. Metodologi Peneitian Kuantitatif. Depok: Prenamedia Group.
Edi, Fandi Rosi Sarwo. 2016. Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta: Leutikaprio.
Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Edisi 1 No.4.
Fatqurhohman. 2016. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Vol.4 No.2.
Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika. Volume 3 Nomor 1.
Hamid, Mustofa Abi dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hendratni, Ratna Wahyu. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Miniatur Rumah Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Repository.
Jannah, Miftahul. 2015. Tugas - Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak – Kanak. Internasional Journal Of Child and Gender Studies. Vol. 1, No.2.
Mu’min, Sitti Aisyah. 2013. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Vol.6 No.1
Mustaqim, Ilmawan. 2016. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.13, No.2.
Namnnule, Lusia dkk. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Di SMUK. Vol: 1 Nomor:10.
Pingge, Heronimus Delu., & Wangid, Muhammad Nur. 2016. Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 2, No.1.
Pribadi MA, Benny A. 2017. Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rahmawati, Fitri. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Dakota Dengan Med Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi FPB Dan KPK Di SDN Pasanggrahan. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Rofiah, Emi dkk. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika (2013). Vol. 1 No.2.
Sitepu, B.P. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Depok: Kharisma Putra Utama Offset.
Soraya, Tria Alfi dkk. 2018. Keefektifan Media Miniatur Rumah Pada Pembelajaran Number Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD. Jurnal Handayani (JH). Vol 9 (1).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Maket Terhadap Prestasi Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Pada Mata Pelajaran IPA. Vol 8: No 2.
Syahrinawati. dkk. 2018. Senang Belajar Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
Wulandari. dkk. 2011. Intisari Matematika Untuk Sekolah Dasar. Bekasi: Nusa Agung.
Yoga, Andri Prima., & Nuroso. Harto. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Rumah Rangkaian Listrik Dalam Pembelajaran IPA Kelas VI SD. ISBN :
602 0960 80 7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.