PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENDAMPINGAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI ALTERNATIF MEMAKSIMALKAN KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH PADA GURU-GURU SDN 230 MARGAHAYU RAYA
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.661Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rancangan pembelajaran berbasis portofolio dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran di kelas masing-masing. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah: (1) sosialisasi; (2) observasi awal (berupa wawancara terbuka); (3) Pelaksanaan; (4) memeriksa RPP yang disusun dan simulasi dengan modelling oleh narasumber; (5) pelaksanaan pembelajaran dengan RPP yang disarankan (2 pertemuan); (6) tagihan berupa dokumen dari siswa; dan (7) evaluasi akhir. Hasil pengabdian ini ditemukan bahwa rancangan pembelajaran berbasis portofolio yang dilatihkan kepada guru-guru SDN 230 Margahayu Raya bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran untuk memaksimalkan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR). Hal ini dubuktikan dengan rerata hasil simulasi pembelajaran ketika pendampingan lebih dari 80% dan rerata hasil implementasi di lapangan diperoleh persentase lebih dari 65% meningkat. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penerapan rancangan pembelajaran ini yaitu kerja sama orang tua dalam mendampingi ssiwa belajar dari rumah.
 Kata kunci: kompetensi guru, belajar dari rumah, pembelajaran berbasis portofolio, guru SD
Â
References
Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid.
Chaeruman, U. A. (2017). Pedati Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. In Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti.
Data Referensi Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah), (2020). https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?level=3&kode=026009&id=5. diakses pada tanggal 20 Febraurai 2021 pukul 13.00.
Dudung, A. (2018). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMIK COVID-19. Profesi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Gronlund, N. E., dan Linn, R. L. (1990). Measurement And Evaluation In Teaching. New York: Allyn & Bacon- A Simon & Schuster Company.
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.
Ishak, A., & Ali, A. Y. Bin. (2017). Decision Support Model for Selection Technologies in Processing of Palm Oil Industrial Liquid Waste. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/277/1/012012
Ismail, M. I. (2010). KINERJA DAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4
Kelana, J.B., Wardani, D.S., & Wulandari, M. A. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Di Masa Pandemi Covid-19. Elementary, Jurnal, 4(1), 18–22.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian.
Kusumaningrum, I. A., Ashadi, A., & Indriyanti, N. Y. (2017). Scientific Approach and Inquiry Learning Model in the Topic of Buffer Solution: A Content Analysis. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012042
Natalia, A., Saneba, B., & H. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Slametharjo Kabupaten Bangga. 4(5), 162–176.
Pradnyana, P. B., Sudirman, I. N., & Janawati, D. P. A. (2020). PENDAMPINGAN KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH SECARA PRIVAT DI MASA PANDEMI COVID-19 DILINGKUNGAN KABUPATEN BANGLI BAGIAN UTARA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3383
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling.
Setiamiharja, R. (2016). Penilaian Portopolio Dalam Lingkup Pembelajaran Berbasis Kompetensi. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2806
Wardani, D. S., Fauzi, M. R., Zafira, R., & Kurniawati, D. (2020). Creating Props: Improving Writing Skills of Teaching Materials of Elementary Teacher Education Students through Project-Based Learning Model. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 216–234. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i2.26334
Zhou, G., Chen, S., & Chen, Z. (2020). Back to the spring of 2020: facts and hope of COVID-19 outbreak. In Frontiers of Medicine. https://doi.org/10.1007/s11684-020-0758-9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.