PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENDAMPINGAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI ALTERNATIF MEMAKSIMALKAN KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH PADA GURU-GURU SDN 230 MARGAHAYU RAYA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.661

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rancangan pembelajaran berbasis portofolio dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran di kelas masing-masing. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah: (1) sosialisasi; (2) observasi awal (berupa wawancara terbuka); (3) Pelaksanaan; (4) memeriksa RPP yang disusun dan simulasi dengan modelling oleh narasumber; (5) pelaksanaan pembelajaran dengan RPP yang disarankan (2 pertemuan); (6) tagihan berupa dokumen dari siswa; dan (7) evaluasi akhir. Hasil pengabdian ini ditemukan bahwa rancangan pembelajaran berbasis portofolio yang dilatihkan kepada guru-guru SDN 230 Margahayu Raya bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran untuk memaksimalkan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR). Hal ini dubuktikan dengan rerata hasil simulasi pembelajaran ketika pendampingan lebih dari 80% dan rerata hasil implementasi di lapangan diperoleh persentase lebih dari 65% meningkat. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penerapan rancangan pembelajaran ini yaitu kerja sama orang tua dalam mendampingi ssiwa belajar dari rumah. Kata kunci: kompetensi guru, belajar dari rumah, pembelajaran berbasis portofolio, guru SD 

References

Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid.

Chaeruman, U. A. (2017). Pedati Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. In Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti.

Data Referensi Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah), (2020). https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?level=3&kode=026009&id=5. diakses pada tanggal 20 Febraurai 2021 pukul 13.00.

Dudung, A. (2018). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMIK COVID-19. Profesi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Gronlund, N. E., dan Linn, R. L. (1990). Measurement And Evaluation In Teaching. New York: Allyn & Bacon- A Simon & Schuster Company.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ishak, A., & Ali, A. Y. Bin. (2017). Decision Support Model for Selection Technologies in Processing of Palm Oil Industrial Liquid Waste. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/277/1/012012

Ismail, M. I. (2010). KINERJA DAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Kelana, J.B., Wardani, D.S., & Wulandari, M. A. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Di Masa Pandemi Covid-19. Elementary, Jurnal, 4(1), 18–22.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian.

Kusumaningrum, I. A., Ashadi, A., & Indriyanti, N. Y. (2017). Scientific Approach and Inquiry Learning Model in the Topic of Buffer Solution: A Content Analysis. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012042

Natalia, A., Saneba, B., & H. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Slametharjo Kabupaten Bangga. 4(5), 162–176.

Pradnyana, P. B., Sudirman, I. N., & Janawati, D. P. A. (2020). PENDAMPINGAN KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH SECARA PRIVAT DI MASA PANDEMI COVID-19 DILINGKUNGAN KABUPATEN BANGLI BAGIAN UTARA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3383

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling.

Setiamiharja, R. (2016). Penilaian Portopolio Dalam Lingkup Pembelajaran Berbasis Kompetensi. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2806

Wardani, D. S., Fauzi, M. R., Zafira, R., & Kurniawati, D. (2020). Creating Props: Improving Writing Skills of Teaching Materials of Elementary Teacher Education Students through Project-Based Learning Model. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 216–234. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i2.26334

Zhou, G., Chen, S., & Chen, Z. (2020). Back to the spring of 2020: facts and hope of COVID-19 outbreak. In Frontiers of Medicine. https://doi.org/10.1007/s11684-020-0758-9

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Wardani, D. S., & Sylvia , S. R. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENDAMPINGAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI ALTERNATIF MEMAKSIMALKAN KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH PADA GURU-GURU SDN 230 MARGAHAYU RAYA. Journal of Empowerment Community, 3(2), 90–99. https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.661