Efektifitas Media Pembelajaran IPS Berbasis Vlog Terhadap kemampuan literasi Budaya di Era New Normal

Authors

  • Hana Sakura Putu Arga IKIP SILIWANGI
  • Medita Ayu Wulandari Medita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.683

Keywords:

media pembelajaran, IPS, vlog, literasi budaya, new normal.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran IPS berbasis vlog terhadap kemampuan literasi budaya mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam pembelajaran online di era new normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa PGSD kelas regular semester 4. Sampel dipilih secara random sejumlah 96 orang mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata kemampuan literasi budaya mahasiswa sebesar 2.0992% yang masuk dalam kategori sedang. Data tersebut menggambarkan bahwa penggunaan media pembelajaran IPS berbasis vlog terbukti dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam pembelajaran online di era new normal.

References

Aprinta, G. (2013). Fungsi Media Online Sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. THE MESSENGER, V(1), 16–30.

Basori. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online dengan Menggunakan Media E-Learning pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, VII(July), 39–45. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722

Hamid, S. I., Indonesia, U. P., Abdillah, F., Istianti, T., & Indonesia, U. P. (2019). Mengurai Konstelasi Filosofis Pancasila Melalui Literasi Budaya Kewarganegaraan Dan Literasi Digital Kewarganegaraan. July, 52–68.

Kemdikbud. (2020). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus. In kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Reublik Indonesia (pp. 1–9).

Kemenkes. (2020). Keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor hk.01.07/menkes/413/2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian. In Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia (Vol. 2019).

Pratiwi, A., & Asyaroti, eflinnida N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Senen, A., Wulandari, M. A., & Muyassaroh, I. (2020). The Evaluation of Strengthening Character Education Program to Enhance Primary Students ’ Nationalism. In Muhammad Nur Sa’ban, B. Setiawan, D. E. Agustinova, S. T. Putro, & R. Rahim (Eds.), The Proceedings of the 4th International Conference of Social Science and Education, ICSSED 2020, August 4-5 2020, Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.4-8-2020.2302423

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135

Setiawan, B. (2020). MASYARAKAT INDONESIA. Masyarakat Indonesia Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 46(1), 80–92.

Tabi’in. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. Journal of Social Science Teacher, 1(1), 39–59.

Tamara, R. M. (2016). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi, 16(April), 44–55.

Teguh, M. (2013). Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional, 18–26.

Wulandari, M. A., Khodidjah, & Muliasari, D. N. (2015). Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Debat Capres Cawapres BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya 2014. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 36–50. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5242

Wulandari, M. A., & Senen, A. (2020). Local Wisom-based Teaching Material to Develop Nationalism. Bandung English Language Teaching International Conference, Beltic 2018, 510–516. https://doi.org/10.5220/0008221605100516

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Putu Arga, H. S., & Medita , M. A. W. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran IPS Berbasis Vlog Terhadap kemampuan literasi Budaya di Era New Normal. Journal of Empowerment Community, 3(2), 56–62. https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.683