Efektifitas Media Pembelajaran IPS Berbasis Vlog Terhadap kemampuan literasi Budaya di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.36423/jec.v3i2.683Kata Kunci:
media pembelajaran, IPS, vlog, literasi budaya, new normal.Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran IPS berbasis vlog terhadap kemampuan literasi budaya mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam pembelajaran online di era new normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa PGSD kelas regular semester 4. Sampel dipilih secara random sejumlah 96 orang mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata kemampuan literasi budaya mahasiswa sebesar 2.0992% yang masuk dalam kategori sedang. Data tersebut menggambarkan bahwa penggunaan media pembelajaran IPS berbasis vlog terbukti dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam pembelajaran online di era new normal.
Referensi
Aprinta, G. (2013). Fungsi Media Online Sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. THE MESSENGER, V(1), 16–30.
Basori. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online dengan Menggunakan Media E-Learning pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, VII(July), 39–45. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722
Hamid, S. I., Indonesia, U. P., Abdillah, F., Istianti, T., & Indonesia, U. P. (2019). Mengurai Konstelasi Filosofis Pancasila Melalui Literasi Budaya Kewarganegaraan Dan Literasi Digital Kewarganegaraan. July, 52–68.
Kemdikbud. (2020). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus. In kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Reublik Indonesia (pp. 1–9).
Kemenkes. (2020). Keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor hk.01.07/menkes/413/2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian. In Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia (Vol. 2019).
Pratiwi, A., & Asyaroti, eflinnida N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Senen, A., Wulandari, M. A., & Muyassaroh, I. (2020). The Evaluation of Strengthening Character Education Program to Enhance Primary Students ’ Nationalism. In Muhammad Nur Sa’ban, B. Setiawan, D. E. Agustinova, S. T. Putro, & R. Rahim (Eds.), The Proceedings of the 4th International Conference of Social Science and Education, ICSSED 2020, August 4-5 2020, Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.4-8-2020.2302423
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135
Setiawan, B. (2020). MASYARAKAT INDONESIA. Masyarakat Indonesia Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 46(1), 80–92.
Tabi’in. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. Journal of Social Science Teacher, 1(1), 39–59.
Tamara, R. M. (2016). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi, 16(April), 44–55.
Teguh, M. (2013). Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional, 18–26.
Wulandari, M. A., Khodidjah, & Muliasari, D. N. (2015). Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Debat Capres Cawapres BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya 2014. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 36–50. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5242
Wulandari, M. A., & Senen, A. (2020). Local Wisom-based Teaching Material to Develop Nationalism. Bandung English Language Teaching International Conference, Beltic 2018, 510–516. https://doi.org/10.5220/0008221605100516
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Journal Empowerment Community ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Journal Empowerment Community berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
- Semua Informasi yang terdapat di Journal Empowerment Community bersifat akademik. Journal Empowerment Community tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.