Strategi Promosi pada Aplikasi TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan UMKM
DOI:
https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1121Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan dari responden dalam melaksanakan strategi promosinya pada aplikasi TikTok untuk meningkatkan penjualan UMKM. Strategi promosi merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh besar pada seseorang yang mempunyai bisnis. Dengan startegi promosi yang dilakukan pada aplikasi TikTok diharapkan dapat meningkatkan penjualannya menjadi lebih berkembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu metode ini mengumpulkan dan mengolah data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada para pengguna aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 20 orang sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responden yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 15%, yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 85%. Responden yang menggunakan Aplikasi TikTok 90%, responden yang mengetahui TikTok Shop sebanyak 99%, Responden yang menggunakan TikTok Shop sebanyak 65%. Kemudian persepsi pada TikTok Shop responden menyatakan kemudahan dalam proses jual beli sebanyak 85%, efektif untuk mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan terhadap para pelaku UMKM dengan demikian, dapat dikatakan bahwa strategi promosi pada Aplikasi TikTok Shop berdampak baik bagi para pelaku UMKM. Kata Kunci : Strategi Promosi, TikTok Shop, UMKMDownloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be transferred to Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER)
This is an open-access journal in accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.
This permits users to:
Share - copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.