Peran Media Sosial Dalam Penguatan Komunikasi Bisnis Kewargaan di Era Ekonomi Digital
DOI:
https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1148Abstract
Artikel ini bertujuan mengelaborasi peran media sosial bagi penguatan komunikasi bisnis kewargaan di era ekonomi digital. Media sosial memberikan banyak kontribusi signifikan bagi penguatan komunikasi bisnis terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Banten. Hal itu ditandai oleh penggunaan media sosial sebagai salah satu saluran alternatif dalam membangun komunikasi bisnis kewargaan. Media sosial telah mampu berfungsi sebagai saluran informasi, komunikasi, branding hingga dapat menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplanatoris dengan teknik wawancara mendalam (in-depth interview) dan didukung oleh observasi lapangan sesuai topik penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa kehadiran media sosial dapat memberikan kontribusi signifikan bagi penguatan komunikasi bisnis kewargaan seperti saluran informasi, membangun kepercayaan publik, komunikasi dua arah, dan memperkuat relasi baik dengan konsumen. Akan tetapi diperlukan penguatan tata kelola media sosial dan kompetensi agar komunikasi bisnis bagi pelaku bisnis semakin sesuai target.Downloads
Published
Issue
Section
License
Semua naskah artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Ekonomi Universitas Perjuangan Tasikmalaya adalah milik Jurnal Ekonomi Universitas Perjuangan LP2M Universitas Perjuangan Tasikmalaya.
Â
Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER) by Universitas Perjuangan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at https://www.e-journal.unper.ac.id/index.php/.