PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Arga Sutrisna Univeristas Perjuangan Tasikmalaya
  • Suci Putri Lestari Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.662

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru SD

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional, kedua mengetahui bagaimana kinerja, ketiga mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai, serta keempat menjadi dasar penelitian berikutnya. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas adalah metode penelitian eksplanatori (explanatory research), penggunaan metode ini karena peneliti tidak hanya menggambarkan fakta-fakta empiris yang ditemui di lapangan, tetapi juga bermaksud menganalisis dan menjelaskan pengaruh antar variabel. Penelitian ini dilakukan terhadap Guru SD di Kecamatan Cipedes pada Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dalam kurun waktu empat bulan. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil Guru SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. Luaran dari penelitian ini berupa publikasi ilmiah dijurnal nasional tidak terakreditasi (JUMPER) dan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah manajemen sumber daya manusia.

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru SD 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is first to know how emotional intelligence, secondly to know how performance, third to know how emotional intelligence affects employee performance, and fourth to be the basis of the next research. The method used to achieve the above objectives is explanatory research method, the use of this method because researchers not only describe empirical facts found in the field, but also intend to analyze and explain the influence between variables. This research was conducted on elementary teachers in Cipedes sub-district at tasikmalaya city education office within four months. The result of this study is that there is a significant influence between emotional intelligence on the performance of elementary school teacher civil servants in the Tasikmalaya City Education Office. Outside of this research in the form of scientific publications in the national journal is not accredited (JUMPER) and as a teaching material in human resource management courses.

Keywords: Emotional Intelligence, Elementary Teacher Performance  

References

DAFTAR PUSTAKA

Ernie Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah. (2009). Pengantar Manajemen, Edisi Pertama, Jakarta : Prenada Media.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete: dengan Program SPSS 23.UNDIP PRESS: Semarang.

Goleman, Daniel. (2007). Emotional Intellegence. Diterjemahkan oleh T. Hermaya.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hani T. Handoko. (2009). Manajemen,Edisi Ke-2, Cetakan Keduapuluh, Yogyakarta : BPFE

Henry Simamora. (2006) Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Keempat, penerbit : STIE YKPN, Yogyakarta.

Malayu S.P. Hasibuan. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Nugroho, Rakhmat. (2008). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi KinerjaKaryawan (Studi Empiris pada PT Bank Tabungan Negara (Persero)Cabang Bandung).Jurnal Universitas Diponegoro Semarang Vol.8, No.3, hal.17-29.

Sekaran, Uma. (2014). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Research Methods for Business). Buku 1 Edisi 4. Jakrta: Salemba Empat

Sugiyono, (2007). Statistik untuk Penelitian. Revisi Terbaru. Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Tukijan, Hernoto. (2011). Analisis Perbedaan Kecerdasan Emosional, motivasi kerja, kinerja, ditinjau dari gender dan tingkat pendidikan (studi faskel ekonomi PNPM Mandiri Perkotaan jawa tengah). Ejurnal STIE Dharmaputra, Semarang Vol.18, No. 30

V. Wiratna Sujarweni. (2019). Metodologi Penelitian. Yogjakarta: Paper Plane.

https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/guru/2/026800

Downloads

Published

2022-02-22 — Updated on 2022-02-22

Versions