PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.662Keywords:
Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru SDAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional, kedua mengetahui bagaimana kinerja, ketiga mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai, serta keempat menjadi dasar penelitian berikutnya. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas adalah metode penelitian eksplanatori (explanatory research), penggunaan metode ini karena peneliti tidak hanya menggambarkan fakta-fakta empiris yang ditemui di lapangan, tetapi juga bermaksud menganalisis dan menjelaskan pengaruh antar variabel. Penelitian ini dilakukan terhadap Guru SD di Kecamatan Cipedes pada Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dalam kurun waktu empat bulan. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil Guru SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. Luaran dari penelitian ini berupa publikasi ilmiah dijurnal nasional tidak terakreditasi (JUMPER) dan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah manajemen sumber daya manusia.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru SDÂ
Â
ABSTRACT
The purpose of this study is first to know how emotional intelligence, secondly to know how performance, third to know how emotional intelligence affects employee performance, and fourth to be the basis of the next research. The method used to achieve the above objectives is explanatory research method, the use of this method because researchers not only describe empirical facts found in the field, but also intend to analyze and explain the influence between variables. This research was conducted on elementary teachers in Cipedes sub-district at tasikmalaya city education office within four months. The result of this study is that there is a significant influence between emotional intelligence on the performance of elementary school teacher civil servants in the Tasikmalaya City Education Office. Outside of this research in the form of scientific publications in the national journal is not accredited (JUMPER) and as a teaching material in human resource management courses.
Keywords: Emotional Intelligence, Elementary Teacher Performance Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Ernie Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah. (2009). Pengantar Manajemen, Edisi Pertama, Jakarta : Prenada Media.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete: dengan Program SPSS 23.UNDIP PRESS: Semarang.
Goleman, Daniel. (2007). Emotional Intellegence. Diterjemahkan oleh T. Hermaya.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hani T. Handoko. (2009). Manajemen,Edisi Ke-2, Cetakan Keduapuluh, Yogyakarta : BPFE
Henry Simamora. (2006) Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Keempat, penerbit : STIE YKPN, Yogyakarta.
Malayu S.P. Hasibuan. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Nugroho, Rakhmat. (2008). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi KinerjaKaryawan (Studi Empiris pada PT Bank Tabungan Negara (Persero)Cabang Bandung).Jurnal Universitas Diponegoro Semarang Vol.8, No.3, hal.17-29.
Sekaran, Uma. (2014). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Research Methods for Business). Buku 1 Edisi 4. Jakrta: Salemba Empat
Sugiyono, (2007). Statistik untuk Penelitian. Revisi Terbaru. Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Tukijan, Hernoto. (2011). Analisis Perbedaan Kecerdasan Emosional, motivasi kerja, kinerja, ditinjau dari gender dan tingkat pendidikan (studi faskel ekonomi PNPM Mandiri Perkotaan jawa tengah). Ejurnal STIE Dharmaputra, Semarang Vol.18, No. 30
V. Wiratna Sujarweni. (2019). Metodologi Penelitian. Yogjakarta: Paper Plane.
Downloads
Published
Versions
- 2022-02-22 (2)
- 2022-02-22 (1)
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be transferred to Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER)
This is an open-access journal in accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.
This permits users to:
Share - copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.